Bukan cuma buah bit, ini trik ubah kulit belang jadi cerah merata pakai 1 jenis buah

Bukan cuma buah bit, ini trik ubah kulit belang jadi cerah merata pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Warna pada kulit manusia pada dasarnya disusun oleh pigmen kulit yang disebut melanin. Secara umum, melanin diproduksi secara merata oleh kulit menyesuaikan dengan warna kulit. Akan tetapi, keseimbangan dari produksi melanin dapat terganggu oleh beberapa faktor, sehingga bisa membuatnya berkurang atau semakin bertambah. Dalam kasus terjadinya penumpukan melanin, hal ini akan berujung pada menggelapnya beberapa area kulit, menjadikan warnanya tidak merata atau belang.

Salah satu faktor umum yang dapat menyebabkan kondisi kulit belang adalah paparan terus-menerus terhadap polusi dan sinar UV matahari. Hal ini dikarenakan sinar ultraviolet (UV) memiliki salah satu gelombang sinar bernama UVB yang dapat mengakibatkan peningkatan produksi melanin pada kulit. Nah, paparan sinar matahari ini umumnya akan mengenai beberapa area kulit secara bergantian, sehingga proses penggelapannya pun tidak terjadi secara menyeluruh.

Selain itu, menempelnya polusi dan debu setelah beraktivitas sehari-hari juga dapat mengakibatkan kulit belang. Hal ini dikarenakan polusi membawa kotoran yang dapat merusak sel-sel kulit. Hal ini dalam prosesnya akan memicu meningkatnya produksi melanin di area kulit yang terpapar secara langsung. Kulit pun akan mengalami hiperpigmentasi serta kekusaman yang akhirnya memberikan kesan kulit belang.

Eits, namun begitu, kamu nggak perlu bingung kok untuk mengatasi masalah di atas. Pasalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif yang ampuh dalam mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit. Salah satunya adalah menggunakan campuran tomat, buah bit, dan tepung terigu seperti yang ditunjukkan oleh @akankshaa_rana_ di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (11/10).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES