Bukan cuma air beras, ini trik tepis kusam agar kulit tampak segar dan cerah pakai 1 jenis sayuran

Bukan cuma air beras, ini trik tepis kusam agar kulit tampak segar dan cerah pakai 1 jenis sayuran

Brilio.net - Kulit kusam merupakan sebutan bagi kulit yang kehilangan kilau alaminya sehingga terlihat kurang cerah dan tidak segar. Nah, salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap munculnya masalah tersebut adalah faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari dan polusi.

Hal ini dikarenakan kedua faktor tersebut tidak hanya merusak struktur kolagen kulit yang menyebabkan hilangnya kelembapan alami dan kemampuannya untuk memantulkan cahaya, namun juga memicu hiperpigmentasi yang membuat kulit tampak kotor.

Selain faktor lingkungan, gaya hidup yang tidak sehat juga dapat memengaruhi kondisi kulit wajah. Konsumsi makanan berlemak dan tinggi gula, kurangnya tidur, stres, dan minimnya olahraga sekalipun dapat menyebabkan tubuh sulit memberi suplai nutrisi yang baik pada kulit. Apabila hal ini terjadi, kulit pun menjadi sulit untuk mempertahankan kelembapan alaminya. AKhirnya, hal ini lama-kelamaan akan merusak kulit dari dalam dan membuat berbagai masalah muncul, termasuk kondisi kusam tadi.

Nah, untuk membebaskan kulit dari kekusaman, kamu nggak perlu ribet sampai melakukan perawatan mahal kok. Soalnya, ada bahan-bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mencapai kulit yang sehat tanpa harus menghamburkan uang. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh @dehanis.hq di Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Senin(7/8). Simpel banget, soalnya kamu cukup menggunakan buah timun yang dicampur sama air beras saja.

trik tepis kusam  Instagram

foto: freepik.com

Mentimun merupakan salah satu sayuran yang baik untuk perawatan kulit. Kandungan air yang tinggi dalam mentimun membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit terhidrasi dengan baik. Mentimun juga mengandung vitamin C dan caffeic acid, yang memiliki sifat antioksidan dan mampu memberi efek cerah pada kulit. Selain itu, mentimun juga mampu membantu mengecilkan pori-pori dan memberikan efek menenangkan pada kulit.

trik tepis kusam  Instagram

foto: freepik.com

Air bekas cucian beras pada dasarnya kaya akan vitamin B kompleks, mineral, dan asam amino yang dikenal dapat menutrisi dan memiliki efek pencerah kulit. Kandungan asam kojic yang terdapat dalam air beras membantu mengurangi produksi melanin sebagai pigmen yang menyebabkan hiperpigmentasi atau noda pada kulit. Selain itu, air beras juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan mengatasi kerusakan akibat radikal bebas.

(brl/pep)

tags

STORIES