Bukan aloe vera, ini trik bikin masker gel hempas pori-pori terbuka pakai 1 sumber karbohidrat

Bukan aloe vera, ini trik bikin masker gel hempas pori-pori terbuka pakai 1 sumber karbohidrat

Brilio.net - Memiliki kondisi kulit bersih setiap saat merupakan suatu hal yang ingin dicapai banyak orang. Dilihat dari segi kecantikan, kondisi kulit bersih akan membuat seseorang tidak mudah terkena berbagai masalah kulit, sehingga penampilannya akan menjadi lebih maksimal. Nah, salah satu poin penting dalam upaya mendapatkan kulit sehat adalah dengan menjaga kebersihan pori-pori agar tidak tersumbat oleh kotoran.

Pori-pori merupakan bagian dari sistem "pernapasan" kulit yang berperan dalam proses regulasi suhu tubuh. Proses ini dilakukan dengan memproduksi keringat serta sebum (minyak alami) dari kelenjar di dalam kulit secara konstan. Apabila kondisi rongga pori-pori seseorang kecil dan rapat, maka kulit umumnya akan terlihat mulus, bersih, dan sehat. Sebaliknya, rongga pori-pori yang lebar tidak hanya dapat memicu berbagai masalah, namun juga memberikan efek kulit yang kasar dan tidak bersih.

Ukuran pori-pori yang terbuka lebih lebar dapat memicu masuknya kotoran dari luar seperti debu dan polusi. Dalam prosesnya, kotoran ini akan menyumbat rongga pori-pori sekaligus bereaksi dengan bakteri di kulit, memicu pembentukan penyakit kulit yang lebih besar seperti komedo hingga jerawat. Siapapun yang mengalaminya pasti akan merasa tidak nyaman, bukan?

Nah, ukuran rongga pori-pori yang terbuka besar juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain faktor usia yang membuat kulit menjadi kendur, kelebihan produksi minyak di kulit wajah dapat memicu kondisi ini. Ketika hal ini terjadi, ukuran pori-pori pun akan menjadi membesar karena adanya "beban" di area tersebut yang harus ditanggung. Selain itu tipe kulit berminyak juga menjadi penyebab pori-pori membesar.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES