Bikin segar dan pori-pori rapat, ini cara hempas sebum berlebih pada kulit wajah pakai 2 jenis buah

Bikin segar dan pori-pori rapat, ini cara hempas sebum berlebih pada kulit wajah pakai 2 jenis buah

Brilio.net - Tidak banyak yang tahu sebenarnya produksi minyak pada kulit merupakan proses alami yang terjadi pada setiap manusia. Ya, minyak alami yang sering dikenal dengan nama sebum ini dihasilkan oleh kelenjar sebaceous yang terdapat di bawah permukaan kulit. Nah, sebum ini memiliki fungsi penting sebagai pelumas alami untuk menjaga kelembapan kulit dan rambut. Selain membantu menjaga kulit tetap lembut dan elastis dengan membentuk lapisan pelindung pada kulit, sebum juga berperan dalam melindungi kulit dari iritasi dan infeksi lho.

Meskipun produksi sebum adalah hal yang normal, terkadang produksinya bisa menjadi berlebihan. Kondisi yang dikenal dengan nama seborrhea ini dapat mengakibatkan beberapa dampak negatif. Salah satunya seperti lebih mudah terkena masalah jerawat dan komedo akibat penyumbatan pori-pori kulit. Selain itu, produksi sebum yang berlebihan juga dapat membuat pori-pori kulit membesar dan memberikan tampilan kulit bertekstur dan tidak halus yang dapat menganggu penampilan.

Namun begitu, kamu yang menghadapi persoalan ini nggak perlu panik. Pasalnya, ada banyak bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai solusi alternatif mengatasi masalah minyak berlebih. Salah satunya seperti menggunakan campuran buah semangka, pisang, dan tepung gram sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @simreebeauty pada Jumat (14/7).

hempas sebum berlebih  Instagram

foto: freepik.com

Buah semangka merupakan buah yang terkenal akan banyaknya kandungan air dan serat. Kandungan ini memiliki manfaat besar berupa efek pendingin dan membantu membersihkan kulit dari kotoran yang menempel. Selain itu, kandungan likopen dalam semangka juga membantu melawan radikal bebas dan merangsang produksi kolagen, sehingga bisa merapatkan pori-pori.

(brl/jad)

tags

STORIES