Bersih total tanpa lemon, ini trik hempas pori-pori besar dan komedo di hidung pakai 1 bahan minuman

Bersih total tanpa lemon, ini trik hempas pori-pori besar dan komedo di hidung pakai 1 bahan minuman

Brilio.net - Komedo merupakan permasalahan yang timbul akibat penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami kulit). Penyumbatan ini akan membuat kotoran menumpuk di rongga pori-pori hingga menimbulkan bintik-bintik kecil yang disebut komedo.

Komedo umumnya memiliki 2 bentuk, yaitu komedo putih (whiteheads) dan hitam (blackheads). Varian komedo putih merupakan gumpalan kotoran yang tersumbat di bawah lapisan kulit yang tertutup. Sementara itu, komedo hitam muncul saat kotoran yang tersumbat tadi mengalami oksidasi akibat interaksi dengan udara, sehingga menghasilkan warna hitam pada permukaan komedo.

Salah satu area wajah yang paling rentan terkena komedo adalah hidung. Pasalnya, hidung memiliki banyak kelenjar sebum (sebaceous glands). Terkadang, kelenjar minyak ini dapat memproduksi sebum secara berlebihan, entah itu akibat pengaruh faktor hormon atau kondisi cuaca panas. Kelebihan produksi sebum ini kemudian memudahkan kotoran menempel dan menyumbat pori-pori.

Bagi kamu yang menghadapi masalah ini, nggak perlu bingung. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif yang efektif untuk membersihkan hidungmu dari komedo membandel. Salah satunya dengan menggunakan campuran kopi dan tepung beras, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Kamis (7/12) dari @ani_beautydiy di Instagram.

pori besar dan komedo di hidung  Instagram

foto: freepik.com

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES