Bebas noda tanpa lemon, ini trik bikin wajah cepat cerah dari bercak pigmentasi pakai 1 jenis umbi

Bebas noda tanpa lemon, ini trik bikin wajah cepat cerah dari bercak pigmentasi pakai 1 jenis umbi

Brilio.net - Kemunculan noda gelap di wajah merupakan salah satu masalah kulit yang acap sekali dialami banyak orang. Noda gelap ini merupakan hasil dari proses hiperpigmentasi yang terjadi di dalam kulit. Sebagaimana namanya, hiperpigmentasi merupakan kasus dimana pigmen warna kulit (melanin) mengalami produksi berlebih yang membuat warna kulit menjadi lebih gelap. Nah, noda pigmentasi ini sendiri umumnya berasal dari 2 hal, yaitu dari bekas jerawat atau flek hitam.

Jerawat dapat meninggalkan bekas berupa noda kecokelatan. Bekas jerawat dikenal dengan nama PIH (post-inflammatory hyperpigmentation) ini biasanya muncul setelah peradangan jerawat mereda. Hal ini disebabkan karena proses regenerasi sel kulit baru untuk memperbaiki area jerawat tersebut justru dapat membawa melanin berlebih, sehingga memunculkan noda gelap di tempat asal tumbuhnya jerawat tadi.

Sementara itu, flek hitam merupakan sebuah kondisi dimana beberapa bagian wajah dipenuhi oleh kumpulan bercak gelap. Berbeda dengan bekas jerawat, flek hitam timbul akibat paparan sinar matahari yang mengenai wajah. Sinar matahari ini mengandung gelombang UVB yang dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin secara lebih cepat. Akibatnya, produksi melanin yang semakin menumpuk ini lama-kelamaan akan berubah menjadi flek hitam.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES