Bantu pudarkan flek hitam, begini trik ratakan warna kulit wajah pakai masker dari 1 bahan minuman

Bantu pudarkan flek hitam, begini trik ratakan warna kulit wajah pakai masker dari 1 bahan minuman

Brilio.net - Salah satu penyebab warna kulit wajah tidak merata adalah flek hitam. Permasalahan wajah ini adalah bercak yang tampak seperti noda berwarna lebih gelap pada kulit dibanding area sekitarnya. Selain berwarna hitam, kadang flek ini juga berwarna cokelat gelap. Flek hitam sering muncul pada wajah, tapi tak jarang didapati di area kulit lain, seperti tangan, kaki, dan punggung.

Bercak gelap ini bisa muncul kapan pun, tapi paling sering dijumpai pada orang berusia separuh baya. Penyebab flek hitam di wajah pada umumnya berhubungan dengan paparan sinar matahari dalam jangka panjang. Karena itu, bercak hitam acap didapati pada bagian tubuh yang biasa terpapar sinar matahari. Ada pula kemungkinan flek hitam terkait dengan masalah pada kulit atau merupakan efek samping obat-obatan tertentu.

Flek hitam juga sering disebut sebagai hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi terjadi ketika sel melanosit memproduksi melanin terlalu banyak di kulit. Semakin banyak paparan sinar matahari, semakin banyak juga produksi melanin yang bertujuan melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Pigmen yang berwarna gelap akan membuat kulit terhindar dari risiko lebih lanjut dari paparan sinar matahari.

Ukuran dan bentuk flek hitam di wajah juga bervariasi. Biasanya, bercak itu berbentuk oval dan datar dengan ukuran garis tengah sekitar 13 milimeter. Bercak flek juga sering muncul secara berkelompok dalam jumlah banyak sehingga lebih mudah terlihat karena warnanya berbeda dengan area kulit di sekitarnya.

Flek hitam umumnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Bahkan, sebagian besar flek hitam bisa menghilang dengan sendirinya seiring pertambahan usia. Apabila flek hitam dirasa mengganggu penampilan, kamu dapat menggunakan kosmetik atau bahan alami untuk meratakan kulit wajah. Salah satunya seperti unggahan video yang dibagikan oleh akun TikTok @sitikhabibahkhabi.

Dalam video dengan durasi 55 detik itu, pemilik akun membagikan trik meratakan warna kulit wajah pakai masker dari 1 bahan minuman. Bahan minuman yang digunakan adalah kopi bubuk. Tak hanya itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu putih telur dan perasan jeruk nipis.

"Cukup dengan 3 bahan ini wajah bunda jadi putih bersih, glowing, flek hitam hilang secara alami dan murah," tulisnya dalam video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @sitikhabibahkhabi, Minggu (25/6).

Trik ratakan warna kulit wajah pakai masker dari 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kopi tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, tetapi juga dapat diolah menjadi masker yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Penelitian dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa kopi mengandung asam klorogenat (chlorogenic acids/CGA). Menggunakan masker kopi dapat menyerap asam klorogenat ke dalam kulit sehingga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Dalam buku Medicinal Plants: Chemistry, Pharmacology, and Therapeutic Applications dijelaskan, asam klorogenat terbukti menghambat aktivitas enzim tirosinase pada sel melanoma B-16. Oleh karena itu, asam ini digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Menggunakan masker kopi secara rutin dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit sehingga flek hitam atau warna kulit yang tidak rata dapat diatasi.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES