Bantu cegah keriput dan breakout, ini cara merawat skin barrier pakai masker dari 1 bahan makanan

Bantu cegah keriput dan breakout, ini cara merawat skin barrier pakai masker dari 1 bahan makanan

Brilio.net - Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang membantu melindungi kulit dan tubuh. Skin barrier merupakan garda terdepan dan bisa rusak karena disebabkan oleh berbagai hal yang bisa menimbulkan berbagai masalah kulit. Karena itu, kesehatan kulit perlu dijaga dengan baik.

Struktur kulit umumnya terdiri dari berbagai lapisan yang masing-masing berperan penting dalam melindungi tubuh. Lapisan terluar (stratum korneum) yaitu penghalang kulit yang digambarkan sebagai dinding bata dan terdiri dari sel kulit keras (corneocytes).

Lalu, kamu akan menjumpai keratin dan pelembap alami di dalam sel kulit tersebut. Lapisan lipid yang memiliki kandungan kolesterol, asam lemak, dan ceramide inilah yang disebut dengan skin barrier.

Meski tampak tipis, pelindung kulit ini membantu menjaga kesehatan kulit, melindungi kulit dari polusi, sinar UV, bahan kimia, bakteri, dan kerusakan yang disebabkan oleh bakteri, serta menjaga kulit tetap terhidrasi.

Kesimpulannya, skin barrier merupakan pelindung kulit terluar yang penting untuk dijaga agar fungsinya berjalan dengan baik dan dapat dioptimalkan dengan perawatan kulit.

Oleh karena itu, penting untuk merawat skin barrier guna menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, jika tak dirawat dengan baik, skin barrier akan lebih mudah rusak sehingga wajah akan rentan mengalami masalah. Seperti keriput, hingga munculnya jerawat. Salah satu cara merawat skin barrier bisa kamu contoh melalui unggahan dari akun TikTok @curology pada 21 September 2020.

Dalam video tersebut pemilik akun memberikan cara merawat skin barrier pakai masker dari 1 bahan makanan. Bahan makanan yang digunakan adalah oatmeal. Tak hanya oatmeal, ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"One of my favorite DIYs (Salah satu DIY favorit saya)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @curology, Kamis (20/7).

Cara merawat skin barrier pakai masker dari 1 bahan makanan Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES