Bantu cegah iritasi, begini trik atasi kemerahan pada kulit sensitif pakai masker dari 1 bahan makanan

Bantu cegah iritasi, begini trik atasi kemerahan pada kulit sensitif pakai masker dari 1 bahan makanan

Brilio.net - Kulit sensitif adalah istilah untuk kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan terhadap berbagai faktor, seperti udara atau bahan kimia dalam produk perawatan kulit. Pemilik kulit sensitif harus sangat hati-hati terhadap aktivitas atau penggunaan produk tertentu.

Orang yang memiliki kulit sensitif sering kali merasakan keluhan pada kulit, seperti ruam, gatal, kering, beruntusan, kemerahan, hingga rasa terbakar atau perih pada kulit. Keluhan-keluhan tersebut umumnya muncul setelah kulit terpapar zat tertentu atau udara kering dan dingin.

Hal tersebut terjadi karena orang dengan kulit sensitif memiliki pertahanan pada kulit yang cenderung lebih lemah, sehingga kulitnya mudah mengalami iritasi atau reaksi berlebih. Kondisi kulit sensitif cenderung lebih mudah mengalami kekeringan dan dehidrasi, sehingga hal ini menyebabkan sensitivitas kulit secara berlebihan dan rentan menimbulkan berbagai masalah kulit.

Reaksi iritasi ini bukan disebabkan alergi, melainkan karena sifat kimiawi pada produk tersebut terlalu keras untuk kulit. Hal inilah yang menimbulkan gejala kulit sensitif. Biasanya akan muncul kemerahan yang perih pada wajah. Jangan menganggap kemerahan di wajah adalah hal sepele, sebab bisa saja memicu munculnya jerawat ataupun muncul permasalahan baru pada kulit. Terutama jika sering digaruk atau disentuh menggunakan tangan kotor, tentu saja ini akan memperburuk keadaan kulit.

Cara mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk-produk yang memiliki sifat sebagai pendingin untuk menenangkan kulit. Kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami disekitarmu untuk meredakan kemerahan di wajahmu. Seperti halnya video yang diupload pengguna TikTok @montarboskincare pada 25 Januari 2022.

Melalui videonya itu, dia membagikan trik atasi kemerahan pada kulit sensitif pakai masker dari 1 bahan makanan. Bahan makanan yang digunakan adalah oatmeal. Tak hanya oatmeal, namun juga menggunakan bahan lain yaitu aloe vera gel.

"My fav#diyskincareremedy ever! Perfect #sensitiveskinsolutions to calm redness & #retina irritation (Obat favorit #diyskincare saya! Solusi #kulitsensitif yang sempurna untuk meredakan kemerahan & iritasi)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @montarboskincare, Selasa (6/6).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES