Autotampak bersih dan sehat, ini cara simpel angkat komedo di pori-pori wajah pakai 2 jenis minuman

Autotampak bersih dan sehat, ini cara simpel angkat komedo di pori-pori wajah pakai 2 jenis minuman

Brilio.net - Setiap lapisan kulit di tubuh manusia memiliki apa yang dikenal sebagai pori-pori. Pori-pori adalah saluran kecil pada kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak dan keringat.

Nah, biasanya nih, kondisi kulit yang sehat salah satunya akan ditandai dengan pori-pori yang cenderung memiliki ukuran yang kecil dan tidak terlihat jelas. Namun, ada banyak kondisi di mana pori-pori dapat membesar bagi beberapa orang, dan ini dapat berbuah menjadi masalah kulit lainnya lho.

Terbuka atau membesarnya ukuran pori-pori pada dasarnya dipengaruhi oleh produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous di bawah kulit. Ketika produksi minyak berlebih terjadi, minyak tersebut dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya membesar. Nah, pori-pori yang membesar ini cenderung lebih mudah tersumbat oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati.

Ketika pori-pori tersumbat, bakteri akan berkembang biak dengan mudah dan cepat di dalamnya sehingga akan menyebabkan peradangan dan jerawatyang pastinya membuat penampilan jadi kurang terlihat bagus. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan kulit dan mengatasi masalah pori-pori sejak dini guna mencegah timbulnya jerawat.

Tenang, kamu yang menghadapi masalah seperti ini nggak perlu panik kok. Selain kini kamu bisa dengan mudah membeli produk skincare yang khusus dibuat mengatasi masalah ini, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang seringkali tidak disadari manfaat besarnya lho. Salah satunya diperlihatkan oleh @mahh_diaries di Instagram yang menggunakan bahan minuman berupa teh hijau dan susu beserta gula bubuk dan tepung jagung, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Senin (10/7).

simpel angkat komedo  Instagram

foto: freepik.com

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama katekin, yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Selain itu, teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Ini membuatnya menjadi bahan yang sangat baik untuk mengatasi masalah pori-pori besar dan berminyak.

simpel angkat komedo  Instagram

foto: freepik.com

Susu, di sisi lain, merupakan minuman yang mengandung asam laktat. Asam laktat disini berfungsi dengan membantu mengelupas sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Selain itu, susu juga dapat melembapkan kulit dan menjaga keseimbangan pH alami kulit, sehingga mengurangi risiko iritasi.

simpel angkat komedo  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk gula sering digunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Hal ini dikarenakan tekstur butiran gula yang halus membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori. Nah, penggunaan bubuk gula dalam masker ini akan memberikan efek eksfoliasi ringan yang membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi kemunculan pori-pori yang besar.

simpel angkat komedo  Instagram

foto: freepik.com

Tepung jagung sendiri juga merupakan bahan alami yang efektif dalam membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Tepung jagung memiliki kandungan asam amino dan vitamin B yang membantu mengurangi kemerahan dan inflamasi pada kulit. Selain itu, tepung jagung juga mengandung zat antiseptik alami yang membantu membersihkan dan menyembuhkan kulit.

(brl/pep)

tags

STORIES