Autoflawless dan glowing, ini cara mengatasi pori-pori besar dan komedo pakai 1 bahan minuman

Autoflawless dan glowing, ini cara mengatasi pori-pori besar dan komedo pakai 1 bahan minuman

Brilio.net - Minyak pada kulit wajah dipengaruhi dengan ukuran pori-pori yang dimiliki. Pori-pori memiliki fungsi penting untuk mengeluarkan sebum yang dapat menjaga kulit tetap kenyal, lembap, dan sehat. Namun, produksi sebum yang berlebihan justru dapat menyumbat dan menyebabkan pori-pori membesar, sehingga kulit wajah terlihat kusam dan mudah berjerawat.

Pori-pori dapat terlihat lebih besar saat mengalami sumbatan akibat kotoran atau minyak. Selain itu, kamu juga perlu tahu jika pori-pori lebih besar akibat bertumpuknya sel-sel kulit mati yang terkumpul pada dasar folikel tersebut. Pembesaran juga dapat terjadi apabila kamu sering memencet komedo atau jerawat yang tumbuh.

Memang, pori-pori besar adalah masalah kulit yang umum untuk terjadi. Jika masalah ini terus dibiarkan, berbagai masalah kulit lainnya juga dapat timbul, seperti jerawat dan komedo. Maka dari itu, pastikan kamu tahu cara menghilangkan pori-pori yang besar atau mengecilkan ukurannya, sehingga terhindar dari masalah kulit dan terlihat lebih bersih.

Di sisi lain, pori-pori wajah yang besar akan membuat hasil riasan tidak maksimal. Sebenarnya, pori-pori wajah yang besar tidak bisa benar-benar dihilangkan, tapi dengan melakukan perawatan dan kebiasaan yang tepat dapat membantu memudarkan atau menyamarkan tampilannya. Tak sedikit orang yang rela merogoh kocek terlalu dalam untuk melakukan perawatan guna mengatasi komedo dan pori-pori besar di wajahnnya.

Padahal, ada kok cara sederhana dan lebih aman serta murah tentunya. Yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami disekitarmu. Sama halnya dengan video yang diunggah oleh akun TikTok @astika_beauty pada 14 April lalu.

Dalam unggahannya, pemilik akun membagikan tentang cara mengatasi pori-pori besar dan komedo pakai 1 bahan minuman. Bahan minuman yang digunakan adalah teh hijau. Tak hanya itu saja, karena pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt.

"Cara menghilangkan pori pori besar secara permanen," tulisnya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @astika_beauty, Kamis (22/6).

Cara mengatasi pori-pori besar dan komedo pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tidak hanya digunakan sebagai minuman dan ekstrak dalam berbagai olahan makanan, ternyata teh hijau yang berasal dari Jepang juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kulit, lho. Tak heran, teh hijau menjadi salah satu kandungan yang seringkali digunakan dalam produk skincare.

Teh hijau memiliki kandungan flavonoid yaitu antioksidan dan antiinflamasi alami di dalamnya. Memang, semua teh memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi, namun teh hijau dianggap memiliki kedua kandungan ini paling banyak dan paling berkualitas dibandingkan jenis teh lainnya.

Sifat antiinflamasi dan antioksidan di dalam teh hijau memiliki peran besar dalam memperbaiki kulit. Masalah kulit seperti tekstur yang kasar dan pori-pori membesar dapat diatasi oleh kedua kandungan ini. Antioksidan pada teh hijau mampu menangkal radikal bebas dan mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori yang besar bisa teratasi. Kandungan polifenol di dalam teh hijau juga mampu mengurangi produksi sebum atau minyak berlebih pada kulit, tanpa membuatnya terasa kering.

Sedangkan, yoghurt mengandung asam laktat yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan juga membantu meringankan kulit dan menghilangkan efek sinar matahari dan polusi. Sebagai makanan olahan dari susu, yoghurt juga mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi, sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Yoghurt juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah dan mengecilkan pori-pori.

(brl/pep)

tags

STORIES