Atasi efek penuaan dini, ini trik pudarkan kerutan agar wajah tampak halus cuma pakai 1 jenis buah

Atasi efek penuaan dini, ini trik pudarkan kerutan agar wajah tampak halus cuma pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Kerutan pada wajah merupakan salah satu pertanda utama dari proses penuaan kulit yang terjadi pada tubuh seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia. Kerutan ini sendiri muncul dalam rupa keriput dan garis halus, dan biasanya terlihat jelas pada orang dewasa yang telah melewati umur 40 tahun. Tak hanya itu, penuaan juga mempengaruhi warna kulit yang menjadi kusam dalam prosesnya.

Mengapa penuaan bisa memicu kulit menjadi berkerut? Sejatinya, kekuatan struktur kulit sangat dipengaruhi oleh dua jenis protein penting yang menjaga elastisitas dan kekencangannya, yaitu kolagen dan elastin. Seiring bertambahnya umur, produksi kolagen dan elastin dalam kulit berkurang, menyebabkan hilangnya kekencangan dan kelembapan alami kulit. Akibatnya, struktur kulit wajah pun lambat laun akan melemah, sehingga terlihat tidak elastis lagi dan menjadi penuh dengan keriput serta garis halus.

Kendati demikian, tanda-tanda penuaan ini bisa dihindari dengan melakukan perawatan sejak dini. Salah satu hal mendasar yang bisa dilakukan agar kamu tidak mengalami penuaan dini adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengonsumsi makanan sehat, berhenti merokok, menghindari stres, menjaga kelembapan kulit, olahraga, dan tidur cukup. Tidak hanya itu, kamu juga bisa lho mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dengan menggunakan perawatan wajah.

Selain melakukan berbagai perawatan, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan alami. Salah satunya adalah menggunakan satu jenis buah-buahan yaitu nanas.

Kandungan dan manfaat buah nanas dalam mengatasi tanda-tanda penuaan.

Atasi efek dini  YouTube

foto: freepik.com

Buah nanas merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi seperti enzim dan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas. Dilansir dari laman Healthshots, di dalam nanas juga terdapat kandungan enzim bromelain yang efektif dalam membantu mengurangi peradangan kulit dan mempercepat proses regenerasi sel kulit. Hal ini dalam prosesnya akan membantu menghaluskan kulit yang menjadi kasar akibat kerutan yang muncul seiring penuaan.

Sementara itu, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah nanas berperan sebagai antioksidan alami untuk melawan radikal bebas dan menjaga kelembapan kulit. Nanas juga diketahui memiliki sejumlah senyawa asam alfa-hidroksi yang dapat meningkatkan tekstur kulit dengan merangsang produksi kolagen, sehingga tanda-tanda penuaan di wajah menjadi lebih berkurang.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES