11 Rekomendasi skincare untuk kulit sensitif tanpa SLS dan paraben mulai Rp 30 ribu, bebas iritasi

11 Rekomendasi skincare untuk kulit sensitif tanpa SLS dan paraben mulai Rp 30 ribu, bebas iritasi

Brilio.net - Munculnya iritasi pada wajah merupakan sebuah kondisi yang sering diderita para pemilik tipe kulit sensitif. Biasanya, kulit yang teriritasi akan memunculkan sensasi menyengat, terbakar, dan gatal yang membuat (kulit) tampak kemerahan. Siapapun yang mengalaminya jelas akan merasa sangat tidak nyaman.

Mudahnya kulit sensitif mengalami iritasi pada dasarnya diakibatkan oleh skin barrier yang tipis dan lemah. Kondisi ini sangat dipengaruhi oleh minimnya kelembapan alami pada kulit yang merupakan faktor pendukung dalam memperkuat struktur dan regenerasi sel di dalam kulit. Apabila kelembapan berkurang, maka skin barrier pun akan terganggu, sehingga rentan memicu banyak masalah.

Terdapat beberapa faktor yang memicu munculnya iritasi pada kulit sensitif. Hal-hal seperti paparan polusi, hawa dan angin dingin yang kering, serta sinar matahari yang berlebihan. Faktor-faktor tersebut dapat memicu terjadinya penguapan air di dalam kulit, sehingga komponen utama pendukung struktur dan lapisan pelindung kulit itu pun menipis.

Untuk mengatasi masalah di atas, salah satu caranya adalah dengan memilih produk skincare yang tepat dalam memperkuat skin barrier dan menenangkan kulit. Hanya saja, kamu tidak bisa sembarang memakai skincare, lho. Pasalnya, bisa saja ada kandungan dalam produk terkait yang justru dapat memperparah kondisi iritasi kulit sensitif, beberapa di antaranya seperti SLS dan paraben.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) adalah zat yang sering digunakan dalam produk-produk perawatan kulit untuk membuat busa. Zat tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif karena sifatnya yang menghilangkan kelembapan alami kulit. Sementara itu, paraben merupakan sejenis pengawet yang dapat mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan reaksi alergi pada kebanyakan kulit sensitif.

Nah, berangkat dari itu, briliobeauty.net telah merangkum beberapa rekomendasi skincare untuk kulit sensitif tanpa kandungan SLS dan paraben pada Selasa (26/12). Berikut ulasan lengkapnya.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES