11 Rekomendasi skincare untuk ibu hamil bisa atasi kulit kusam, harga di bawah Rp 250 ribu

11 Rekomendasi skincare untuk ibu hamil bisa atasi kulit kusam, harga di bawah Rp 250 ribu

Brilio.net - Masa kehamilan merupakan sebuah momen yang paling ditunggu-tunggu sejumlah wanita. Walaupun hal ini menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri, ketika masa kehamilan banyak hal yang harus dilalui ibu hamil. Salah satunya adalah terjadinya perubahan pada tubuh dan kulit. Terlebih lagi di area wajah, beberapa wanita terkadang tampak mengalami kulit wajah kusam ketika mengandung.

Kondisi ini terjadi bukan tanpa sebab, masa kehamilan membuat hormon estrogen dan progesteron mempengaruhi pigmentasi kulit dan membuatnya tampak gelap. Kedua hormon ini secara langsung merangsang produksi melanin yang bisa memicu timbulnya hiperpigmentasi atau bintik gelap (mask of pregnancy).

Kulit kusam yang terjadi pada ibu hamil tidak hanya disebabkan oleh itu saja. Pola tidur yang tidak terjaga dengan baik juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit ibu hamil. Dalam keadaan ini ibu hamil seringkali mengalami gangguan tidur, seperti kecemasan dan ketidaknyaman ketika tidur. Hal ini menyebabkan jam tidur berkurang dan berdampak pada kulit wajah yang tampak kusam.

Agar kulit wajah kembali cerah, langkah awal yang perlu dilakukan adalah merawat kulit menggunakan skincare untuk ibu hamil. Namun sebelum membeli skincare khusus, kamu perlu memperhatikan bahan-bahan tertentu yang harus dihindari. Bahan-bahan tersebut adalah retinoid atau retinol, asam salisilat, hidrokinon.

Dilansir briliobeauty.net dari Jurnal Akademika Baiturrahim yang diterbitkan pada 2016, menjelaskan bahan kandungan, seperti hidrokinon ini mudah terserap oleh kulit melalui pori-pori dan dialirkan ke seluruh tubuh hingga mencemari darah, lalu akan sampai ke janin yang sedang dikandung dari suplai darah ibu yang membawa oksigen serta sari-sari makanan. Proses tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan janin terganggu.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan skincare yang lebih aman untuk ibu hamil, seperti lidah buaya (aloe vera), rosehip oil, minyak almond, atau shea butter yang bisa melembapkan dan menyegarkan kulit. Nah, berikut rekomendasi skincare untuk ibu hamil yang aman, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber padaJumat (3/11).

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES