11 Rekomendasi basic skincare untuk memperbaiki skin barrier di bawah Rp 200 ribu, wajah sehat glowing

11 Rekomendasi basic skincare untuk memperbaiki skin barrier di bawah Rp 200 ribu, wajah sehat glowing

Brilio.net - Kulit manusia memiliki lapisan pelindung alami yang sering disebut sebagai skin barrier. Lapisan ini terletak di bagian epidermis dan tersusun atas komponen protein dan lipids yang bersatu membentuk dinding di bagian luar kulit. Secara umum, fungsi utama skin barrier adalah menjaga kelembaban kulit serta melindunginya dari paparan eksternal agar tidak masuk ke dalam kulit.

Fungsi-fungsi di atas hanya bekerja apabila skin barrier pada kulit juga dalam kondisi sehat. Sayangnya, beberapa faktor seperti paparan berlebihan terhadap sinar UV, polusi, serta penggunaan bahan kimia abrasif di kulit dapat melemahkan lapisan pelindung kulit ini. Ketika skin barrier mengalami kerusakan, maka dapat memicu munculnya berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, kerutan, iritasi, hingga noda hitam sekalipun.

Dalam mengatasi problematika di atas, banyak orang kemudian berupaya mencari beragam varian produk skincare di luar sana yang dinilai efektif. Saking banyaknya, terkadang mereka pun kebingungan untuk menentukan dan memakai produk-produk tersebut. Padahal, penggunaan skincare banyak pun tidak menjamin akan menyehatkan kulit lho. Justru, kebanyakan memakai produk skincare bisa memicu reaksi iritasi yang menambah masalah kulit lainnya.

Nah, salah satu solusi yang bisa ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah back-to-basic (kembali ke dasar). Ya, penggunaan basic skincare, bertujuan untuk menyederhanakan penggunaan produk perawatan kulit dengan tujuan menutrisi sekaligus menyehatkan kembali lapisan pelindung kulit. Caranya cukup dengan menggunakan 4 rangkaian skincare saja, yaitu cleanser (pembersih), treatment (toner, essence, atau serum), moisturizer (pelembap), dan sunscreen (tabir surya).

Berangkat dari hal tersebut, briliobeauty.net telah mengumpulkan beberapa rekomendasi produk skincare dasar pada Selasa (14/11) yang bisa kamu jadikan referensi dalam mengatasi masalah kulitmu.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES