Brilio.net - Pada Jumat (31/3) telah resmi ditutup kebijakan Tax Amnesty gelombang terakhir. Amnesti gelombang ketiga ini telah berlangsung sejak dari 1 Januari 2017 hingga 31 Maret 2017. Amnesti pajak merupakan program dari pemerintah untuk wajib pajak. Di mana pemerintah memberikan pengampunan pajak seperti penghapusan pajak, penghapusan sanksi administrasi perpajakan, serta penghapusan sanksi pidana di bidang pajak.

Beberapa hari menjelang penutupan amnesti pajak, kantor pajak di seluruh Indonesia memberikan pelayanan hingga dini hari. Hal tersebut dilakukan mengingat membludaknya antusias masyarakat untuk melaporkan hartanya. Melihat kondisi tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat. Hal tersebut beliau ungkapkan dengan mengunggah sebuah tulisan di akun Facebooknya.

tax amnesti © 2017 brilio.net

foto: facebook.com/@smindrawati

"Tanggal 31 Maret 2017 baru saja kita lewati. Hari terakhir program Tax amnesty telah kita tutup. Saya sangat menghargai para wajib pajak yang telah mengikuti amnesti pajak untuk memulai tradisi kepatuhan membayar pajak sesuai ketentuan undang-undang.

Kami akan teruskan upaya membangun Indonesia yang adil membayar pajak oleh masyarakat Indonesia, dan membangun institusi pajak yang bersih, profesional, dan kompeten.

Amnesti pajak merupakan bagian dari keseluruhan langkah untuk mereformasi perpajakan mulai dari perbaikan aturan dan perundang-undangan, perbaikan organisasi dan proses bisnis, perbaikan sumber daya manusia dan perbaikan sistem informasi dan database.

Dengan reformasi kita berikhtiar untuk membangun institusi pajak yang kuat, kredibel, penuh integritas dan akuntabel,

Dengan deklarasi harta dan uang tebusan dan repatriasi dari amnesti pajak, kita manfaatkan untuk mendorong dan membangun ekonomi Indonesia agar makin maju dan makin mandiri. Infrastruktur, sekolah, rumah sakit, membantu usaha kecil, dan mengentaskan kemiskinan di desa di kota di perbatasan Indonesia. Pajak adalah sumber daya untuk menyejahterakan rakyat Indonesia.

Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang terus mendukung kami dalam menjalankan tugas mengumpulkan pajak dan mengelola keuangan negara secara hati-hati dan akuntabel.

Terima kasih untuk seluruh jajaran pajak yang terus menerus melaksanakan tugas penuh dedikasi dan menjaga integritas hingga larut malam. Anda luar biasa..!!

Sri Mulyani Indrawati."

Ucapan terima kasih pun terlontar dari para netizen yang juga masyarakat Indonesia. "Trimakasih bu, trimakasih pak Presiden, trimakasih pemerintah Indonesia, ini sungguh terobosan dan pencapaian yg luar biasa, harapan saya hasilnya nanti akan dikembalikan untuk pelayanan publik se adil2 nya," ungkap akun bernama Johannes Karijo Dikromo.

Sementara itu, akun Anggiat H. Sibangebange memberikan apresiasi sekaligus masukan bagi perbaikan ke depan. "Langkah yang bagus bu,namun bu mohon juga tetap dilakukan perbaikan seperti sumber daya manusia,sarana dan fasilitas yg ada terlebih lagi bu,pedoman dan petunjuk mengenai undang undang pajak yg berlaku d indonesia yg menyebabkan kerancuan dalam penerapannya dan saya sebagai wajib pajak sering gagal paham dalam penerapannya..terimakasih..," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh akun Kang Willy Pramono. "Reformasi perpajakan makin digalakkan dong bu. Diakui atau gak, TA yg seharusnya target utama WP besar justru merepokan para WP kecil. Seperti itu jg kebijakan pajak selama ini. WP besar bisa melenggang, sementara WP kecil yg sudah patuh sekalipun sering jadi sasaran tembak," tambahnya.