Brilio.net - Virus Corona menjadi salah satu pandemi global yang kini jadi pusat perhatian semua orang. Pandemi sendiri ialah sebuah penyakit yang menyerang orang banyak dalam jumlah besar. Virus Corona atau Covid-19 pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019 lalu.

Semakin hari, penyebaran virus ini nggak hanya terjadi di China saja, melainkan puluhan negara lain pun ikut terdampak. Begitu juga dengan Indonesia sendiri, hingga Minggu (15/3), jumlah kasus pasien yang sudah positif Corona mencapai 117 orang.

Di hari sebelumnya yang baru berjumlah 96 orang, terdapat laporan baru sejumlah 21 kasus.

"21 kasus baru. 117 kasus positif yang dilaporkan siang ini (di) Jakarta dan Banten," kata Achmad Yurianto, Juru bicara pemerintah untuk kasus Corona, dilansir dari Liputan6.com (16/3).

Virus Corona merupakan virus baru penyebab penyakit pernapasan. Virus yang berasal dari China ini masih satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Ciri-ciri pengidap Corona, berdasarkan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) ialah Demam, batuk dan pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih, dan lesu.

Pemeriksaan di laboratorium untuk virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, tidak hanya dilakukan oleh Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI saja. Pemerintah juga sudah menunjuk Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL), Universitas Airlangga, dan Lembaga Ejikman.

Achmad Yurianto juga mengatakan sudah banyak lembaga yang mampu melakukan pemeriksaan virus, tapi masih menjadi pertanyaan tentang adanya alat memadai dan SDM yang sudah terlatih.

"Mungkin virus yang lain iya, tapi yang ini belum," katanya dilansir dari laman kemkes.go.id.

Dengan demikian, masyarakat yang sekiranya mengalami masalah kesehatan, diharapkan segera dan mau berkunjung ke dokter. Langkah awal agar pasien segera ditangani lebih cepat dan segera mendapatkan hasil tes. Berikut tahapan tes Corona yang perlu diketahui masyarakat, brilio.net rangkum dari CNN pada Senin (16/3).

1. Pengambilan sampel.

4 Tahapan tes virus Corona instagram

foto: Merdeka.com

Pengujian untuk coronavirus baru tidak jauh berbeda dari pengujian untuk flu. Pertama, dokter akan mengumpulkan spesimen atau sampel yang akan diperiksa virusnya.

Pakar kesehatan menduga virus Corona menempel di saluran pernapasan, menyebabkan penyakit pernapasan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat merekomendasikan dokter untuk mengusap atau menyeka tenggorokan. Melalui mulut dan hidung.

Proses ini bisa digambarkan sebagai pengambilan air liur dari tenggorokan. Karena penyakit Corona sejauh ini seperti flu dan terkonsentrasi di paru-paru. Pihak rumah sakit tidak secara rutin menguji jenis bahan tubuh lainnya, seperti feses atau urin atau darah. Meskipun itu mungkin berubah di masa depan.

2. Spesimen akan dikirim ke laboratorium yang memenuhi syarat.

4 Tahapan tes virus Corona instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

Setelah sampel dikumpulkan dan disimpan dalam tabung atau botol steril, akan dikirim ke laboratorium yang memiliki akses ke test. Quest Diagnostics dan LabCorp juga telah meluncurkan tes mereka sendiri dan universitas juga mengembangkan tes.

Dalam tes resmi FDA, spesimen pertama kali didinginkan dan dikirim dengan paket es ke laboratorium yang memenuhi syarat, idealnya perlu pengiriman semalam. Di Massachusetts, Amerika Serikat, pejabat kesehatan negara mengatur pengemasan dan pengiriman sampel melalui kurir.

Spesimen dingin hanya dapat disimpan selama 72 jam, tetapi es kering dapat digunakan untuk mengawetkan sampel jika ada penundaan. Menunggu terlalu lama dapat menyebabkan virus dan materi genetiknya menurun, yang bisa mengarah pada hasil palsu negatif.

3. Sampel akan diuji.

4 Tahapan tes virus Corona instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

Setelah sampel tiba di laboratorium, teknisi menggunakan prosedur yang disebut RT-PCR, atau membalikkan reaksi rantai transkripase polimerase, untuk mencari virus corona. Tes serupa kadang-kadang digunakan untuk mengidentifikasi flu, dan memungkinkan dokter untuk melihat apakah ada urutan genetik tertentu dalam spesimen. Seperti sampel usap tenggorokan atau dahak yang dikumpulkan sebelumnya.

Seperti halnya setiap spesies memiliki DNA unik, setiap virus memiliki kode genetik yang unik. Kode ini, yang disebut genom virus, menyediakan cetak biru untuk virus yang direplikasi. Pada dasarnya, tes Corona bekerja dengan menentukan apakah spesimen yang diberikan mengandung genom Corona yang berbeda.

Untuk melakukan itu, teknisi terlebih dahulu mengekstraksi informasi genetik apapun dari usap tenggorokan dan sampel dahak. Materi genetik yang dimurnikan kemudian dicampur dengan satu set bahan, termasuk beberapa yang berasal dari virus Corona itu sendiri. Kemudian seluruh larutan ditempatkan ke dalam mesin pengujian.

Jika spesimen pasien mengandung virus, maka materi genetik virus akan diperkuat. Mesin akan menunjukkan hasil positif. Sampel virus kemudian akan dikirim ke lab CDC (pengendalian dan pencegahan penyakit) di Atlanta, Amerika Serikat di mana hasil positif akan dikonfirmasi.

4. Hasil tes sampel bisa diketahui dalam 24 jam.

4 Tahapan tes virus Corona instagram

foto: dailymail.co.uk

Menurut Departemen Kesehatan Masyarakat Massachusetts, Amerika Serikat, setelah sampel tiba di laboratorium negara, hasil tes paling cepat terlihat hasilnya dalam 24 jam. Pasien akan dikarantina sambil menunggu hasil tes virus Corona.