×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google

0

Serius

9 Momen menegangkan aksi penyelamatan percobaan bunuh diri

Kasus bunuh diri makin marak akhir-akhir ini.

Firda Olivia

(brl/nng)

27 / 07 / 2017

Brilio.net - Salah satu hal yang paling mengerikan yang pernah dialami oleh seseorang adalah ketika kita mendengar seseorang baik itu orang asing atau atau orang terdekat yang menginginkan untuk mengakhiri hidup mereka.

Bunuh diri biasanya dikarenakan seseorang merasa putus asa dan berusaha untuk melarikan diri dari jeratan penderitaan yang sudah tidak tertahankan. Mereka dibutakan oleh perasaan membenci diri sendiri, keputusasaan, dan isolasi, sehingga membuat mereka tidak bisa melihat cara lain untuk mendapatkan bantuan selain kematian.

Di Indonesia sendiri, menurut data statistik dari Badan Pusat Statistik, dalam sehari setidaknya ada dua hingga tiga orang yang melakukan bunuh diri di Indonesia. BPS mencatat setidaknya ada 812 kasus bunuh diri di Indonesia pada tahun 2015. Angka ini hanyalah yang tercatat lewat kepolisian, bukan angka riil di lapangan yang diperkirakan bisa lebih tinggai.

Dari beberapa kasus bunuh diri, tentunya ada juga kasus percobaan bunuh diri yang berhasil diberhentikan. Selain mengerikan, beberapa aksi penyelamatan ini juga terlihat menegangkan karena si penyelamat yang juga harus bisa menguasai diri agar bisa menghentikan niatan seseorang yang ingin bunuh diri.

Nah, brilio.net mengungkap 9 momen menegangkan penyelamatan percobaan bunuh diri. Semoga menjadi pelajaran bagi semuanya. Simak di bawah ini:

 

1. Momen penyelamatan WNA asal Tiongkok yang depresi karena tidak kunjung mendapat jodoh.


foto: istimewa


Kejadian ini terjadi di sebuah hotel di Jakarta Barat pada 18 September 2016 lalu. Di mana seorang pria WNA asal Tiongkok melakukan percobaan bunuh diri dari lantai lima hotel tersebut. Konon setelah diinterogasi oleh pihak berwajib, pria yang bernama Liu Yabin ini beralasan ingin mengakhiri hidupnya karena tidak kunjung mendapatkan jodoh. Proses penyelamatan Liu dilakukan dengan mediasi dan negosiasi sehingga berhasil menghentikan keinginan pria tersebut.


2. Pengantin wanita yang ingin bunuh diri setelah ditinggalkan oleh tunangannya.


foto: viral4real


Hal ini dilakukan oleh wanita asal Changchun, Provinsi Jilin, China yang ingin mengakhiri hidupnya setelah diputus tunangannya beberapa hari sebelum pernikahan berlangsung. Dikutip dari viral4real, ketika tahu hubungannya kandas dan rencana pernikahan berantakan, wanita ini mencoba untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Ia pun mengenakan gaun pernikahan berwarna putih, dan nekat terjun dari jendela rumahnya.

Beruntung, petugas keamanan bernama Guo Zhong Fan yang berada di tempat kejadian langsung menyelamatkannya. Saat ia mencoba menyelamatkannya, tim keamanan lainnya sudah menyediakan soft landing yang berguna jika penyelamatan gagal dilakukan.

 


3. Penyelamatan gadis yang mencoba untuk bunuh diri.


foto: chinadaily


Percobaan bunuh diri ini dilakukan oleh seorang wanita yang diduga mengalami stres karena masalah dengan kekasihnya. Dia juga sempat memotong pergelangan tangannya saat akan mencoba melompat dari lantai tujuh sebuah hotel di Tongren, Provinsi Guizhou, China pada tahun 2013 silam. Beruntung, petugas pemadam kebakaran berhasil menyelamatkan wanita yang ingin mencoba bunuh diri dan melompat dari lantai tujuh.

 

4. Aksi penyelamatan remaja yang livestreaming percobaan bunuh diri di Facebook.


Dikutip dari cbsnews, seorang gadis asal Georgia mencoba bunuh diri dengan menelan pil dan melakukan livestreaming melalui Facebook. Penonton livestreaming tersebut segera memanggil 911 dan beruntung gadis tersebut bisa diselamatlam.

 

5. Aksi heroik pegawai maintenance menyelamatkan gadis yang mencoba bunuh diri.


Hal ini terjadi pada seorang penghuni Apartemen Royal Condominium, Jalan Palang Merah, Kelurahan Aur, Medan, bernama Maimun mencoba untuk bunuh diri dengan terjun dari lantai 15 gedung. Beruntung, ia berhasil diselamatkan petugas kebersihan dengan menggunakan gondola meski sempat memberontak.

 

6. Pemadam kebakaran yang berhasil menghentikan remaja yang ingin terjun dari lantai dua rumahnya.


Kejadian yang terjadi pada 22 Februari 2017 ini, terletak di Sichuan, China, di mana ada wanita yang hendak mengakhiri hidupnya. Ia terduduk di tepi atap rumah yang terbuat dari kanvas, dan terlihat terjebak diantara hidup dan mati. Beruntung seorang pemadam kebakaran, seperti dikutip dari dailymail, berhasil mengangkat tubuh wanita tersebut dengan paksa.

 

7. Petugas damkar yang berhasil menghentikan percobaan bunuh diri di Semanggi, Jakarta Selatan.


foto: Putu Merta Surya Putra


Dilansir dari merdeka.com, pria yang bernama Ihsan ini kecewa karena karena tidak mendapatkan pekerjaan setelah diiming-imingi oleh temannya. Ia pun mengancam bunuh diri dari atas jembatan penyeberangan di kawasan Semanggi. Saat itu, petugas Damkar Jakarta Selatan sampai-sampai berusaha membujuk pria itu turun dengan naik ke atas atap JPO menggunakan tangga hidrolik (sky lift).

Setelah 13 jam berlangsung, saat pria yang diketahui bernama Ihsan ini lengah, seorang petugas pemadam kebakaran langsung maju dan merangkulnya dari belakang.



8. Perempuan paruh baya yang mencoba bunuh diri di Kali Jagir, Wonokromo, Surabaya.


Seorang wanita bernama Winarti (47) dilaporkan berusaha mengakhiri hidupnya dengan terjun ke sungai Jagir. Beruntung saat itu nyawanya berhasil diselamatkan oleh petugas kebersihan yang juga menjadi saksi.

 

9. Kasus terbaru adalah saat seorang bule asal Australia yang mencoba bunuh diri di Bandara Ngurah Rai, Bali.


foto: merdeka


Wisatawan tersebut diketahui bernama Butler Gregory Lee. Dia kedapatan sedang berteriak-teriak dan mencoba bunuh diri dengan cara melompat dari lantai tiga. Dikutip dari Merdeka, Kapolsek Kawasan Udara Ngurah Rai, Kompol I Made Krisnha Mahardika mengungkapkan bahwa bule asal Australia itu berusaha untuk mengakhiri hidupnya karena depresi.

 

Proses penyelamatan bule yang hampir memakan waktu 2 jam tersebut dilakukan dengan sangat hati-hati dan melalui negosiasi yang bertujuan mengalihkan perhatian pria tersebut.

Maraknya kasus bunuh diri belakangan ini tentunya menjadi perhatian tersendiri bagi kita. Apabila kamu mendapati seseorang yang mengalami kesedihan, penurunan aktifitas sehari-hari, kecemasan, rasa resah, bingung dan semacamnya, termasuk juga sulit tidur, maka sebagai orang terdekat hendaknya memberikan perhatian yang lebih padanya.

Dan jika kamu membutuhkan informasi terkait depresi atau ingin berbicara terkait dengan kesehatan mental yang lainnya, kamu bisa menghubungi hotline info bunuh diri yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dapat dihubungi di 500-454. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi LSM Jangan Bunuh Diri melalui email: janganbunuhdiri@yahoo.com atau telepon: 021 9696 9293.

 



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    33%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE