Brilio.net - Setiap orang punya waktu yang sama dalam satu hari. Namun pengaturan waktu satu sama lain berbeda-beda. Dengan target pekerjaan yang sama pun, satu dengan yang lain bisa memakan durasi yang bahkan beda jauh.

Jika tak pandai mengatur waktu maka banyak yang akan terpakai tanpa hasil yang berarti. Waktu untuk pekerjaan lain pun akan terganggu, bahkan sampai ada yang tidak selesai.

Berikut ini merupakan 6 tips oye dalam mengatur waktu. Kamu wajib coba praktikkan untuk bisa memanfaatkan waktu menjadi produktif. Dihimpun brilio.net dari brightside pada Rabu (5/4).


1. Stop bekerja melebihi waktu

6 tips  © 2016 brilio.net



Bekerja berlebihan sepanjang hari tidak berarti meningkatkan produktivitas. Kamu keliru jika menganggap bekerja overtime akan menuntaskan lebih banyak pekerjaan. Faktanya, kamu hanya akan menjadi lebih lelah dan tidak bisa menyegarkan kembali tenagamu untuk hari esok.

2. Lebih seringlah mengatakan tidak

6 tips  © 2016 brilio.net



Menurutmu mana yang lebih penting, kualitas atau kualitas pekerjaanmu? ketika kamu mencoba peduli pada setiap orang, jadwalmu akan kacau karena mengerjakan sesuatu yang tidak prioritas sehingga butuh tenaga ekstra untuk menyelesaikan kerja pokokmu. Ingatlah, kamu perlu fokus pada apa yang paling prioritas.

3. Stop mengerjakan segala sesuatu sendiri

6 tips  © 2016 brilio.net



Sederhananya, carilah orang yang bersedia membantumu. Kamu tuidak akan mampu  engerjakan semuanya sendiri, maka bagilah tugas yang di luar kemampuanmu itu pada partnermu. Ini adalah solusi baik daripada kamu menghabiskan waktu untuk tugas ynag tidak kamu kuasai.

4. Jauhkan perfeksionisme

6 tips  © 2016 brilio.net



Perfeksionis akan menghabiskan waktu lebih lama dari yang seharusnya. Terlalu fokus pada detail yang tidak begitu penting justru menjadikan mudah melewatkan hal besarnya.

5. Temukan rumus ringkas untuk pekerjaan yang repetitif

6 tips  © 2016 brilio.net



Jika kamu memiliki pekerjaan yang sama setiap harinya, akan lebih mudah jika kamu temukan rumus meringkasnya. Misalnya kamu mendapat panggilan telepon dari pelanggan setiap hari? tulislah kata-kata jawabannya. Apakah kamu kerap menyunting gambar? Tulis langkah-langkahnya yang bisa mempercepat kerjamu.

6. Sisihkan waktu untuk me time  

6 tips  © 2016 brilio.net



Ambillah waktu untuk me time sejenak untuk mengistirahatkana otak. Hal ini dapat meningkatkan kerja otak, mempertajam ingatan, dan meningkatkan mood.