Brilio.net - Beberapa hari setelah Presiden Jokowi berpidato menyerukan tentang pemberantasan terorisme dan radikalisme di forum KTT Arab Islam Amerika di Arab Saudi, Indonesia kembali diguncang teror bom.

Ledakan dari bom bunuh diri yang terjadi di terminal bus Kampung Melayu pada Rabu (24/5) lalu itu menewaskan tiga anggota Polri dan melukai 10 orang lainnya. Teror yang menyasar aparat kepolisian ini membuat masyarakat berduka sekaligus mengutuk aksi tidak beradab tersebut.

Polisi mengungkapkan bahwa teroris melancarkan serangan memakai jenis bom panci. Bom panci merupakan sebutan untuk bom yang dibuat dengan memanfaatkan panci masak yang dirangkai sedemikian rupa sehingga memiliki daya ledak tinggi. Teror bom panci ini juga pernah terjadi di Amerika Serikat.

Selama ini ada beberapa penyebutan bom yang digunakan teroris. Selain bom panci, ada beberapa nama lain yang terdengar unik. Berikut ini ulasannya dikutip dari berbagai sumber, Kamis (1/6).

1. Bom panci.

nama bom Istimewa

foto: kriminalitas.com

Sesuai namanya, bom ini memanfaatkan panci presto sebagai wadah bom. Di dalam panci tersebut diletakkan bahan peledak, partikel perusak seperti paku, gotri, kaca dan lainnya. Detonator yang biasanya berupa ponsel maupun jam digital diletakkan di gagang panci.

Rangkaian bom ini cukup sederhana, tapi daya ledaknya cukup besar sehingga daya rusak dari partikel yang ditempatkan di dalam panci juga massif. Bom jenis ini yang meledak di Kampung Melayu dan di marathon Boston AS.

2. Bom rice cooker.

nama bom Istimewa

foto: istimewa

Polisi berhasil membongkar bom jenis ini di Bekasi sebelum para teroris meledakkannya. Bom ini rencananya digunakan untuk aksi penyerangan di Istana Negara.

3. Bom pipa/paralon.

nama bom Istimewa

foto: istimewa

Serangan teroris menggunakan bom pipa atau bom paralon pernah terjadi di Poso, akhir Maret 2017. Untungnya ledakan yang terjadi di tugu bundaran jalan tersebut tidak memakan korban jiwa.

4. Bom buku.

nama bom Istimewa

foto: istimewa

Teror bom buku sempat membuat heboh publik pada 2011 silam. Cara kerja teror ini adalah dengan menempatkan rangkaian bom di dalam buku tebal yang dilubangi di bagian tengahnya. Kemudian buku tersebut dikirimkan ke alamat sasaran. Kala itu, paket bom buku meledak di Utan Kayu, Jakarta.

5. Bom botol.

nama bom Istimewa

foto: istimewa

Ini adalah bom yang daya rusaknya mengandalkan kobaran api yang ditimbulkan dari ledakannya. Lebih populer dengan sebutan bom molotov, bom ini sangat mudah dibuat karena tidak membutuhkan bahan-bahan kimia yang biasa dipakai membuat bom. Cukup dengan botol diisi bahan bakar dan diberi sumbu untuk menyalakan api sebelum kemudian dilemparkan ke sasaran.

6. Bom sepatu.

nama bom Istimewa

foto: jejamo.com

Kasus bom sepatu terbongkar saat seorang teroris mencoba melakukan aksinya saat di pesawat penerbangan ke AS. Sejak kejadian itu, otoritas keamanan AS kerap mengingatkan akan ancaman teror bom menggunakan sepatu.

7. Bom sepeda.

nama bom Istimewa

foto: istimewa

Serangan teroris menggunakan sepeda terjadi pada akhir September 2010 di Jalan Raya Kalimalang Jakarta. Sang teroris membawa bom dalam tas sembari menuntun sepeda, sebelum bom itu diledakkan.

8. Bom paku.

nama bom Istimewa

foto: aljazeera

Dunia heboh ketika serangan bom meledak di konser musik Ariana Grande di Manchester, Inggris. Aparat keamanan setempat menduga kuat serangan ini berupa bom paku. Teror bom paku juga pernah terjadi di stasiun bawah tanah Rusia. Di Indonesia teror bom paku pernah terjadi di Bantul dan melukai kerbau.

9. Bom ponsel.

nama bom Istimewa

foto: keywordsuggest.org

Kelompok teroris ISIS kerap memakai ponsel sebagai bagian untuk pembuatan bom. Ponsel model lama digunakan dalam rangkaian bom dan berfungsi sebagai pengendalian ledakan dari jarak jauh.

10. Bom pasta gigi.

nama bom Istimewa

foto: lasdipo.co

Ancaman teror bom diembuskan oleh otoritas keamanan AS yang memperingatkan agar maskapai penerbangan tujuan Rusia lebih hati-hati terhadap kemungkinan teror bom memakai pasta gigi. Pihak keamanan khawatir akan adanya aksi teror untuk menggagalkan Olimpiade Musim Dingin di Sochi, menyusul adanya dua serangan bunuh diri di Volgograd.

11. Bom anjing.

nama bom Istimewa

foto: dailystar.co.uk

Kelompok teroris ISIS memanfaatkan anjing sebagai pembawa bom bunuh diri. Ratusan anjing yang malang itu di tubuhnya diikatkan rangkaian bom yang siap meledak. Anjing kemudian dikirimkan ke sasaran dan bom diledakkan menggunakan remote control. Strategi ini digunakan ISIS saat menyerang pasukan Irak.