Brilio.net - Museum biasanya menyimpan berbagai koleksi barang antik dan kuno peninggalan purbakala. Namun koleksi di sebuah museum di Meksiko ini lain dari biasanya. Museum bernama Museo de las Momias de Guanajuato ini menyimpan berbagai koleksi mayat yang diawetkan alias mumi.

Berdirinya museum ini tak lepas dari sejarah kelam yang terjadi di Meksiko tahun 1833. Kala itu, masyarakat terjangkit wabah kolera yang menyebar begitu cepat. Bahkan, banyak korban yang terinfeksi kolera terpaksa dikubur hidup-hidup demi mencegah penyebaran penyakit semakin luas.

Seperti dikutip brilio.net dari scoopwhoop, Jumat (24/6), pemerintah negara tersebut kemudian memberlakukan pajak kubur pada tahun 1865 agar keluarga tidak sembarangan mengubur anggota keluarga yang terinfeksi penyakit. Akibatnya, karena tak mau membayar pajak kubur yang tinggi, lantas banyak orang yang membongkar kembali makam supaya bisa dipakai untuk mengubur jenazah anggota keluarga lain.

Anehnya, meski telah dikubur lama, banyak jenazah yang tidak rusak. Hal itu disebabkan karena kondisi cuaca yang kering dengan curah hujan yang sangat rendah. Rendahnya tingkat oksigen dalam tanah menghambat proses pembusukan mayat.

Melihat banyaknya jumlah mumi yang tak terurus, pengelola pemakaman pada tahun 1990an memutuskan untuk memajang mumi-mumi tersebut dalam sebuah gedung khusus. Maka, didirikanlah Guanajuato Mummy Museum tahun 1950.

Loading...

Di museum tersebut, tersimpan juga koleksi mumi terkecil di dunia yang merupakan janin yang berusia empat bulan. Saat itu, ibu janin tersebut meninggal akibat epidemik kolera. Jenazah ibu janin tersebut juga masih utuh dan diletakkan tepat di samping sang mumi kecil. Selain itu, ada pula Little Saint Martin, mumi bayi yang meninggal saat proses kelahiran.

Sejumlah mumi memiliki kondisi fisik mulut terbuka, wajah yang tampak tersiksa, dan tubuh yang rusak. Banyak orang meyakini kondisi mumi tersebut dikarenakan dikubur hidup-hidup. Bahkan banyak mumi yang masih berpakaian lengkap dan mengenakan sepatu. Sampai saat ini, museum ini memiliki koleksi 108 mumi. Duh, mengerikan juga ya!

BACA JUGA: Buat kamu yang lagi tunggu THR pasti paham 13 meme gokil ini

Berikut foto-foto mumi yang dipajang di Guanajuato Mummy Museum:

1. Koleksi mumi di Guanajuato Mummy Museum.

Guanajuato Mummy Museum © 2016 brilio.net / Scoopwhoop

2. Wabah penyakit kolera memakan banyak korban jiwa.

Guanajuato Mummy Museum © 2016 brilio.net / Scoopwhoop

3. Banyak orang meninggal dan ada yang terpaksa dikubur hidup-hidup untuk memutus rantai penyebaran penyakit.

Guanajuato Mummy Museum © 2016 brilio.net / Scoopwhoop

4. Banyak mumi yang masih berpakaian lengkap.

Guanajuato Mummy Museum © 2016 brilio.net / Scoopwhoop

Mumi janin dan ibunya ini bikin terenyuh. KLIK NEXT