Brilio.net - Waktu telah menunjukkan pukul 01.00 WIB dini hari, namun Beni (nama samaran) masih asyik di depan laptop menyelesaikan pekerjaannya. Maklum, hari itu deadline sudah di depan mata. Suasana kantornya pun sudah sepi. Hanya ada beberapa pegawai yang tersisa.

Di ruangan kerjanya yang dingin, sambil menahan kantuk yang terus menyerang, Beni tetap berusaha terjaga sambil secepat mungkin menyelesaikan pekerjaannya. Namun ketika sedang asyik, hawa panas tiba-tiba menyergap dari belakang. Awalnya ia mencoba berpikiran positif. Tapi tak lama kemudian, muncul suara aneh yang susah dinalar. Suara seperti menggaruk lantai.

"Suasana berubah menjadi menakutkan," cerita Beni saat ditemui brilio.net, Rabu (30/3). Tuntutan deadline yang membuat Beni tetap bertahan malam itu.

Kantor tempat Beni bekerja itu berada di tengah keramaian Kota Yogyakarta. Banyak orang nggak akan menyangka bahwa rumah berukuran cukup besar itu punya kisah horor. Apalagi dari segi penampilannya juga tidak menunjukkan keangkeran.

BACA JUGA: Janganngaku anak kekinian kalau nggak ngerti 10 kamus gaul ini

Menurut cerita dari forum Kaskus, bangunan rumah di Jalan Magelang itu disewa oleh sebuah perusahaan. Cukup masuk akal untuk dijadikan kantor karena ukurannya rumahnya cukup besar. Terdiri dari dua lantai dan terdapat taman yang indah di halaman depan.

Masuk ke dalam bangunan di lantai satu, kamu akan disuguhi sebuah mini bar di tengah ruangan. Kemudian terdapat pula banyak ruangan, yang menunjukkan jika dulunya rumah ini mungkin bekas penginapan yang telah lama tak terpakai. Arsitekturnya pun sebenarnya seperti rumah biasa dengan kondisi yang bersih. Jauh dari kesan angker.

Sejak tahun 2012, kantor yang terdiri dari sekitar 40 orang pegawai itu menempati rumah tersebut. Per divisi menempati ruangan per ruangan, di mana satu ruangan hanya terdiri beberapa orang.

Entah siapa yang mengawali, sejak tahun itu cerita horor dari setiap karyawan mulai bermunculan. Paling parah ketika tahun pertama ditempati. Tidak hanya Beni yang merasakan pengalaman horor.

SEPERTI APA KISAH HOROR MEREKA? KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


Dalam forum itu, seorang mantan pegawai yang dulu berkantor rumah itu mengaku sering merasakan gangguan yang tidak bisa dinalar. Seperti sesosok teman yang terlihat di sebuah ruangan, namun ketika disapa tak menjawab sepatah kata pun. Setelah ditinggalkan, teman tadi ternyata ada di ruangan lainnya. Pengalaman lain adalah air kamar mandi yang mendadak berbau amis dan lampu ruangan yang suka padam sendiri.

Belum lagi penampakan-penampakan frontal yang dialami beberapa pegawai lainnya. Seperti sesosok nenek-nenek yang tiba-tiba ada di dalam dapur kantor. Berbagai fenomena ganjil itu membuat yakin orang-orang bahwa rumah tersebut memang horor.

Konon katanya, dalam rumah itu terdapat sebuah gudang yang hingga detik ini tak bisa dibuka. Penyebabnya pun masih belum jelas diketahui. "Sudah dipanggilin tukang kunci dari yang pinggiran jalan samapai yang profesional. Tapi sampai sekarang tetap nggak bisa dibuka," tulis seorang dalam forum itu.

Beni melanjutkan, pengalaman horor semacam ini dialami banyak karyawan. "Biasanya sih pegawai baru harus kenalan dulu sama yang nunggu," tuturnya.

Belum jelas juga, bekas apa rumah ini dulunya hingga bisa se mistis ini. Jika dilihat dari tata ruangnya seperti bekas penginapan, namun banyak juga yang berasumsi lain. "Sampai sekarang nggak tahu bekas apa. Ada yang bilang bekas kos-kosan, bekas penginapan, ada juga yang bilang bekas gudang," ujar Beni.