Brilio.net - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktor sekaligus perancang busana Robby Tumewu meninggal dunia pada Senin (14/1) pukul 00.15 WIB. Aktor yang populer berkat perannya di Lenong Rumpi ini meninggal dunia di usia 65 tahun.

Sebelumnya, dikabarkan Robby Tumewu sudah menderita sakit cukup lama. Robby diketahui berjuang melawan stroke beberapa tahun ke belakangan.

Pada tahun 2010 lalu, Robby pernah terserang stroke di tengah syuting acara televisi. Dirinya pun kemudian dilarikan ke rumah sakit. Kondisi Robby sempat membaik setelahnya. Namun, pada tahun 2013, Robby kembali terserang penyakit yang sama.

Kondisinya pun sempat melemah pada saat itu. Dirinya juga sempat menjalani operasi pendarahan otak kanan. Kendati demikian, belum diketahui penyakit apa yang menyebabkan meninggalnya Robby.

Kabar meninggalnya Robby Tumewu ini pertama kali diketahui melalui informasi di media sosial. Beberapa saat kemudian, sang sahabat, Becky Tumewu membenarkan kabar meninggalnya pria kelahiran 4 Desember 1953 tersebut.

Loading...

Berita meninggalnya desainer yang identik dengan rancangan busana yang colourful ini pun tak pelak mengalirkan ungkapan belasungkawa dari para selebriti Tanah Air. Banyak dari mereka yang turut berduka cita atas meninggalnya Robby Tumewu yang memang sosok penuh talenta. 

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (14/1), berikut ungkapan duka cita dari 7 seleb Tanah Air yang juga sahabat dari Robby Tumewu.

1. Nia Dinata.

Ungakapan belasungkawa datang dari sutradara Nia Dinata. Melalu akun Twitter pribadinya, Nia mengungkapkan belasungkawa sekaligus mengenang sosok Robby Tumewu yang berdedikasi tinggi untuk setiap peran yang dimainkannya.

"RIP Robby Tumewu, pengalaman kita shooting film Cabaukan & MadameX tak terlupakan. Almarhum sangat berdedikasi reading, rehearsal memperdalam perannya. Selalu terbuka, bikin kami semua tertawa walaupun shooting sampai pagi. Terimakasih untuk semua kebaikan mu bagi kami semua," tulis Nia Dinata.

2. Anne Avantie.

Ungakapan belasungkawa juga mengalir dari perancang busana Anne Avantie. Melalui akun Instagram pribadinya, Anne yang juga sahabat Robby Tumewu mengungkapkan kenangannya dengan sang aktor. Dirinya pernah mempersembahkan bakti kasih untuk Robby melalui koleksi karya busana bertajuk Putri Tiong Hoa tribute to Robby Tumewu pada tahun 2011 lalu. Karya ini didedikasikan Anne untuk Robby.

3. Becky Tumewu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Banyak yang tanya masih saudara ya sama Robby Tumewu, sebenarnya sih Robby dan saya juga masih belum jelas saudara nggak ya kita, tapi sudahlah kalau kata orang Manado: torang samua basudara, torang samua orang Indonesia toh, apalagi sama torang pe fam: Tumewu. Robby sakit sudah lama, sudah tidak usah diceritain lagi bagian sakitnya, dia telah pergi tadi dini hari, pukul 00.05, semua derita dan sakit penyakit sudah diangkat dari Robby, saya tidak pernah akan lupa dengan kebaikan Robby, senyum dan tawa yang selalu beliau bagikan pada orang di sekitarnya, komentar komentar dan cerita yang membuat kita semua tertawa, suasana selalu seru dan ceria saat ada Robby, syuting panjangpun tidak terasa. Robby juga sempat menjadi fasilitator di Talkinc. Beliau adalah fasilitator kelas Total Look yang keren banget, sangat komunikatif dan selalu bawa contoh baju dan bahan, totalitasnya luar biasa, dalam menjalani multi profesinya. Sekarang Robby sudah pergi, semua tinggal kenangan, tapi Bi, you’ll always be in my heart, you’ll always be in so many people’s hearts. Selamat Jalan sayang, Rest In Peace, Rest In Love, Until we meet again, someday (14/01/2019) ?????? . . #RIP #RobbyTumewu . . Btw this picture was taken in 2013, I love this pic because Robby looked good and fresh. And I want to remember him this way??

A post shared by Becky Tumewu (@becktum) on

Kabar meninggalnya Robby Tumewu dikonfirmasi oleh Becky melalui akun Instagram pribadinya. Dua orang sahabat yang memiliki nama belakang sama ini kerap disangka sebagai saudara kandung.

Becky mengenang sosok Robby sebagai orang yang penuh senyum dan tawa. Becky juga mengungkap bahwa Robby Tumewu sudah lama menderita sakit. Dalam unggahannya, Becky mendoakan yang terbaik untuk Robby Tumewu yang telah berdedikasi tinggi untuk setiap pekerjaan yang dijalaninya.

4. Widi Mulia.

belasungkawa robby tumewu © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@widimulia.

Ucapan belasungkawa juga mengalir dari istri Dwi Sasono, Widi Mulia. Melalui unggahannya di Instastory, Widi memajang foto mendiang Robby Tumewu dengan keterangan duka cita. "Selamat beristirahat dengan tenang Mas Robby Tumewu. You will be missed, dearly..," tulis Widi.

5. Sudjiwo Tedjo.

Ucapan duka cita juga datang dari seniman Sudjiwo Tedjo. Melalui akun Twitternya, Sudjiwo Tedjo menyampaikan belasungkawa dengan tagar #utangRasa. "Met jalan Robby Tumewu ... sampai jumpa ... #utangRasa," tulis pria berambut gondrong tersebut.

6. Debby Sahertian.

Sahabat Robby Tumewu di Lenong Rumpi, Debby Sahertian juga mengungkapkan duka cita atas berpulangnya sang aktor. Melalui akun Instagram-nya, Debby menulis "Selamat jalan sahabatku, rekan kerjaku didunia modeling & Lenong Rumpi .. Robby Tumewu .. Semoga mendapat tempat terindah disisi-Nya .. May your soul Rest In Peace."

7. Harry de Fretes.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Selamat jalan,sahabat....Damai dalam pelukanNya...Amiin?? #restinpeace#godblessyou

A post shared by Harry de Fretes (@harrydefretes) on

Harry de Fretes yang juga sahabat dari Robby Tumewu mengungkapkan rasa dukanya melalui akun Instagram pribadinya. Harry mengunggah fotonya saat menjenguk Robby Tumewu dan menuliskan doa untuk sang sahabat. "Selamat jalan,sahabat....Damai dalam pelukanNya...Amiin," tulis Harry.