Brilio.net - 13 Oktober menjadi hari istimewa bagi member BTS, Jimin. Layaknya selebriti pada umumnya, pria bernama lengkap Park Ji-min ini merayakan hari ulang tahunnya bersama orang-orang terdekatnya. Momen perayaan ulang tahun tersebut nggak hanya dirasakan oleh Jimin, para ARMY fans BTS juga menyiapkan perayaan megah untuk Jimin.

Mulai webinar kesehatan mental, pasang iklan di pesawat hingga mengumpulkan donasi di berbagai negara, dilakukan untuk merayakan hari kelahiran Jimin yang ke-26 tahun. Nggak hanya itu, dengan perayaan usia ke-26 ini, Jimin juga telah ditambahkan ke organisasi Green Noble Club untuk menghormati beberapa yayasan donatur terbesar. Jimin bergabung bersama anggota lainnya yaitu BTS J-Hope yang sebelumnya memasuki club pada tahun 2019.

Dilansir dari Bandwagon.asia, pada perayaan ulang tahun Jimin, dilaporkan BTS telah menyumbang kurang lebih Rp 1 miliar. Jimin dan BTS memberikan sumbangan itu kepada Green Umbrella Child Foundation, sebuah organisasi Korea Selatan yang membantu anak-anak kurang mampu dengan bantuan keuangan, fisik dan emosional.

Ya, Jimin merayakan ulang tahunnya dengan berbagi. Idol K-Pop ini memang terkenal memiliki jiwa sosial yang tinggi. Sebelumnya, ia juga sudah beberapa kali melakukan aksi sosial. Jimin memiliki berbagai proyek amal atas dorongan hatinya sendiri. Karena kebaikan hatinya, nggak heran jika Jimin kerap dijuluki sebagai angel atau malaikat oleh para fans.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, penasaran aksi sosial apa saja yang pernah dilakukan oleh Jimin? Yuk simak aksi sosial Jimin BTS seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (14/10).

1. Menjadi donatur Green Umbrella Child Foundation saat ultah.

aksi sosial Jimin BTS © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@bts.bighitofficial

Jimin dan BTS menyumbangkan lebih dari 100 juta won atau sekitar Rp 1,2 miliar kepada Green Umbrella Child Foundation. Dengan sumbangannya ini, Jimin sekarang menjadi bagian dari Green Noble Club. Green Noble Club merupakan sekelompok donatur bernilai tinggi dari Green Umbrella Children's Foundation. Klub ini terdiri dari sponsor yang menyumbangkan lebih dari 100 juta won sekaligus dan kumulatif atau setuju untuk menyumbangkan 100 juta won dalam waktu lima tahun.

Nggak hanya itu, ARMY atau fans BTS juga merayakan ultah Jimin dengan mengadakan kampanye untuk mengumpulkan dana dan kesadaran untuk Casa Frida, tempat perlindungan di kota Meksiko yang menampung dan merawat komunitas yang terpinggirkan, termasuk komunitas LGBTQIA, perawatan kesehatan dan lain sebagainya. Idola dan fansnya sama-sama punya jiwa sosial yang tinggi ya?

2. Berikan donasi untuk keluarga korban kapal Sewol.

aksi sosial Jimin BTS © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@btsjimin

Pada 2014 silam, kapal Sewol dinyatakan tenggelam. Kejadian tersebut membuat masyarakat Korea Selatan pun dirundung kesedihan. Melihat banyak korban berjatuhan dalam insiden kecelakaan tersebut, Jimin bersama BTS pun terketuk hatinya untuk meringankan beban keluarga korban. Bersama BTS, Jimin menyumbangkan 100 juta won, atau setara dengan Rp 1,2 miliar kepada 416 keluarga korban kapal Ferry Sewol. Dilansir dari soompi.com, tujuh member BTS masing-masing menyumbang sebesar 10 juta won.

3. Meluangkan waktu untuk menghibur anak-anak di panti asuhan.

Dilansir dari koreaboo.com, pada 2016 silam, Jimin mengunjungi sebuah panti asuhan di waktu luangnya untuk menghibur anak-anak di Korea. Sebelumnya, beredar di media sosial, Jimin bersama member BTS lainnya juga pernah mengunjungi panti asuhan lain. Dalam video yang beredar di Twitter, Jimin dan teman-temannya tampak ramah ketika berbagi kebahagiaan dengan anak-anak di panti asuhan.

4. Memberi sumbangan untuk siswa SD.

aksi sosial Jimin BTS © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@btsjimin

Pada Februari 2018, Sekolah Dasar Hoedong, tempat Jimin bersekolah saat kecil, ditutup setelah 36 tahun. Dilansir dari soompi.com, atas kejadian tersebut, Jimin pun memberikan donasi ke sekolah lamanya itu. Ia membayar seragam sekolah untuk setiap siswa yang lulus sebelum sekolah tersebut ditutup. Nggak hanya itu, pada upacara kelulusan, Jimin juga menyumbangkan CD BTS yang ia tandatangani kepada semua siswa.

5. Memberikan donasi pendidikan di Busan.

aksi sosial Jimin BTS © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@btsjimin

Pada April 2019 lalu, Jimin menyumbangkan 100 juta won atau sekitar Rp 1,2 miliar pada Kantor Pendidikan Kota Metropolitan Busan. Donasi tersebut berjumlah sekitar sepertiga dari yang disalurkan ke Busan High School of the Arts, almamater Jimin, yakni sekitar 30 juta won atau Rp 357 juta. Adanya donasi tersebut, dapat membantu siswa kurang mampu untuk mendanai biaya makanan sekolah, kesejahteraan siswa, kegiatan OSIS, dan kelas mandiri.

6. Memberikan peralatan sekolah.

aksi sosial Jimin BTS © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@btsjimin

Pada September 2020, Jimin lagi-lagi berdonasi untuk sekolah lamanya. Ia diketahui menyumbangkan kursi dan meja baru untuk 1200 siswa di Busan High School of Arts. Selain membantu almamaternya secara finansial, ia juga pernah mengirimkan kata-kata penyemangat kepada siswa dan staf sekolahnya.

7. Memberikan beasiswa pendidikan.

aksi sosial Jimin BTS © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@btsjimin

Melihat dari donasi-donasi yang Jimin sebarkan, Jimin terlihat lebih fokus untuk memberikan dukungan di dunia pendidikan. Dilansir dari allkpop.com, Jimin memiliki proyek beasiswa bernama BTS Jimin Scholarship untuk mendukung para pelajar yang berprestasi. Jimin memberikan donasi sebesar 100 juta won atau Rp 1,2 miliar lewat sang ayah pada 2020 lalu. Donasi ini diperkirakan cukup untuk membiayai studi anak-anak muda berprestasi di Provinsi Jeolla Selatan selama tiga tahun dan diberikan di tahun 2021 ini.

8. Berikan donasi untuk pasien polio.

aksi sosial Jimin BTS © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@btsjimin

Pada Juli 2021 lalu, Jimin BTS diam-diam memberikan donasi untuk pasien polio pada Juli lalu. Ia menyumbangkan dana Rp 1,2 miliar. Menariknya, ternyata Jimin tak menunjukkan secara gamblang identitas dirinya sebagai donatur. Dijelaskan bahwa donasi ini diberikan menggunakan nama sang ayah. Donasi dari Jimin diberikan sebagai dukungan kampanye amal untuk membuat vaksin polio.

(brl/lin)