Brilio.net - Sejak zaman Orba, pemilu di Indonesia dilakukan setiap lima tahun sekali. Dalam jangka waktu lima tahun, seorang pemimpin  biasanya akan digantikan posisinya dengan yang baru berdasarkan hasil pilihan masyarakat daerah tersebut. Bisanya juga pemimpin tersebut kembali terpilih dan menjabat dua kali periode. 

Saat ini, hiruk pikuk politik jelang pemilu sedang terasa di Indonesia. Pada bulan April, seluruh warga negara Indonesia bakal mengikutu pilpres dan pileg. Tiap warga negara berhak memberikan suaranya dalam pemilu kali ini. 

Beberapa bulan menjelang pemilihan, semua pasangan calon tentu disibukkan dengan berbagai macam aktivitas, salah satunya adalah berkampanye. Bukan cuma itu, tak sedikit pula masyarakat atau sejumlah publik figur yang turun tangan memberikan dukungannya pada paslon pilihannya.

Di antaranya mereka berlomba-lomba berpose mengacungkan jari berdasarkan nomor urut pasangan idolanya. Pose jari itu mereka tunjukkan sebagai bukti dukungannya. Namun meski demikian, sebenarnya tidak semua selebriti yang berpose jari ada kaitannya dengan pemilu atau untuk pasangan calon yang didukung.

Para selebriti ini enggan secara langsung menunjukkan pilihan politiknya. Mereka pun tak mau melakukan sebuah aksi yang berpotensi menjadi isyarat mendukung pada salah satu calon yang ikut pertarungan dalam pemilu. 

Loading...

Seperti cerita sederet selebriti Tanah Air ini yang mana pernah menuai kontroversi karena pose jari fotonya di media sosial. Banyak warganet yang langsung merespons jari mereka seolah menunjukkan pilihan politiknya.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, pose jari seleb-seleb yang tuai kontroversi, dianggap tunjukkan pilihan politik, Senin (4/1).

1. Rian D'Masiv.

seleb pose jari © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@rianekkypradipta

Baru-baru ini, lewat akun Instagram pribadinya vokalis band D'Masiv, Rian Ekki Pradipta mengunggah foto dirinya bersama sejumlah musisi ternama Tanah Air di antaranya, Ariel NOAH dan Iwan Fals. Dalam foto tersebut, mereka tampak berpose mengacungkan jari telunjuk yang memperlihatkan arti nomor 1.

Namun, Rian mengklarifikasi bahwa foto tersebut tidak ada hubungannya dengan kampanye. Foto yang diambil tahun 2015 lalu itu merupakan saat launching album SATU.

"Mau klarifikasi soal foto ini.. foto ini di ambil saat launching album SATU album kolaborasi @iwanfals dgn D’MASIV , noah , nidji , geisha di tahun 2015.. jd jgn di hubungkan dgn kampanye ya.," tulisnya.

2. Ari Lasso.

seleb pose jari © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@fadlizon

Foto Ari Lasso berpose dua jari juga sempat menghebohkan publik, menjelang Pilpres 2019 yang hanya hitungan bulan lagi. Banyak yang menduga Ari memberikan dukungan kepada pasangan Prabowo-Sandiaga, terlebih foto tersebut juga diunggah di akun Twitter Fadli Zon @fadlizon.

Karena banyaknya kesalahpahaman dan mengundang berbagai respons, beberapa hari kemudian Ari akhirnya memberikan penjelasan mengenai pose tersebut. Menurutnya pilihan yang dipilihnya adalah rahasia baginya.

"Yang Viral belum tentu Final, rada serius dikit ya..

Dari kemaren hingga saat ini liburan saya rada keganggu oleh bgitu banyak WA membahas postingan panas. Ada yg kecewa, marah, patah hati, senang, bangga dll.

Semua ini berawal dari foto bersama Dewa, saat kita smua bcanda ttg tanda jari, celakanya (seperti biasa) @ahmaddhaniofficial memposting nya. Viral !! Disebarkan bahkan oleh ‘akun2 penting’ tanpa konfirmasi... Ck ck ck.. Masuk Kategori #hoax kah? I dont know. •

Penjelasan saya adalah : tentu saya punya pilihan. SIAPA ?? Biar itu menjadi rahasia saya. Karena yg terpenting bagi saya adalah ‘menjadi warga negara yang BAIK’. Mencintai negeri ini dgn menyebarkan cinta, menebarkan kebaikan, terus berkarya dan menginspirasi temen2 utk jadi manusia yg lebih baik.

Perihal Ahmad Dhani?? Marah kah saya, nggak juga ... Namanya juga Dhani , istilah Suroboyo ne : ‘GUYON E KENEMENEN’ jarno ae !! #yangViralBelumTentuFinal #arilasso #takharussama #tetapBersatu," ujarnya.

3. Vidi Aldiano.

seleb pose jari © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@vidialdiano

Tahun 2017 bertepatan dengan Pilgub DKI, Vidi sempat memposting foto bersama Najwa Shibab sambil menunjukkan pose tiga jari. Diakui pelantun Definisi Bahagia ini pose tangannya tidak ada hubungannya dengan pilgub atau dukungan kepada siapapun.

"Adalah ketika kemarin saya bisa bernyanyi lagu terbaru saya khusus untuk mba Nana! It's always a pleasure meeting you @najwashihab #DefinisiBahagia

Ps: sekali lagi, pose tangan saya ga ada hubungannya dengan pilgub DKI ya. Haha. #SalamAnakTangSel," tulisnya.

4. Fatin Shidqia Lubis.

seleb pose jari © 2019 brilio.net

foto: istimewa

Pilpres 2014, penyanyi muda Fatin juga jadi sorotan lantaran beredarnya foto dirinya memperlihatkan jari telunjuk dan jari tengah yang seakan simbol angka dua. Kala itu, pasangan nomor urut dua adalah pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Diakuinya, pose tersebut bukanlah bertunjuan untuk berkampanye melain hanya simbol 'peace'. Baginya tidak ada sangkut paut sama sekali dengan hal politik yang dimaksud.

5. Annisa Pohan.

seleb pose jari © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@annisayudhoyono

Sebagai seorang istri, Annisa Pohan tentu selalu memberikan dukungan kepada suaminya, Agus Harimurti Yudhoyono saat tengah mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI tahun 2017. Salah satunya melalui akun Instagramnya, Annisa pernah mengunggah foto bintang Korea, G-Dragon berpose menunjukkan jari telunjuk.

"Tunjuk jari telunjukmu dan tunjukkan kalau kita satu…LOL," dalam captionnya.

Sayangnya, unggahanya tersebut malah mulai kontroversi dari warganet. Banyak yang menyayangkan aksi Annisa karena memanfaatkan selebriti lain sebagai bahan berkampanye.