Brilio.net - Melakukan aksi nyata untuk lingkungan sekitar memang hak setiap orang. Tak peduli latar belakang sosial maupun budaya, semua orang memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam suatu bidang.

Tak terkecuali bagi mereka yang terjun dalam  industri musik sebagai musisi. Di tengah aktivitas mereka di dunia hiburan, para musisi Tanah Air ternyata juga kerap menunjukkan aksi kepedulian terhadap lingkungan sekitar sebagai aktivis.

Isu-isu yang mereka suarakan pun beragam, mulai dari isu sosial, lingkungan, hingga gender. Perjuangan mereka dalam menyuarakan isu itu tentu tak mudah, ada suka duka yang harus mereka alami ketika ikut bersuara sebagai aktivis.

Bagaimana kisahnya? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (5/10), berikut kisah perjuangan 7 musisi Indonesia saat menjadi aktivis.

1. Ananda Badudu.

Loading...

perjuangan musisi aktivis Instagram

foto: Instagram/@bandaneira_official

Beberapa hari lalu, publik dihebohkan dengan kabar penangkapan musisi Ananda Badudu oleh pihak kepolisian. Penangkapannya itu terkait penggalangan dana yang ia lakukan untuk keperluan logistik demo mahasiswa.

Nama Ananda Badudu pada awalnya dikenal sebagai vokalis grup musik Banda Neira. Berduet dengan Rara Sekar, Banda Neira cukup sukses mengusung musik bergenre Folk.

Setelah Banda Neira bubar pada 2016, Ananda Badudu disibukkan dengan kegiatannya sebagai aktivis sosial. Selain itu, cucu dari tokoh nasional JS Badudu itu juga berprofesi sebagai jurnalis.

Saat demonstrasi mahasiswa berlangsung beberapa hari lalu, ia menginisiasi penggalangan dana lewat internet untuk membiayai kebutuhan logistik yang diperlukan oleh mahasiswa. Beruntung, Ananda Badudu kemudian dibebaskan oleh kepolisian tak lama usai ditangkap.

2. Jerinx SID.

perjuangan musisi aktivis Instagram

foto: Twitter/@JRX_SID

Nama Jerinx SID tentu tak asing lagi bagi para pencinta musik punk. Drummer grup band Superman Is Dead itu juga dikenal sebagai aktivis yang turut menyuarakan isu-isu sosial, khususnya di tanah kelahirannya, Bali.

Dalam wacana reklamasi Teluk Benoa di Bali yang mencuat beberapa tahun terakhir, Jerinx tampak begitu vokal menyuarakan penolakannya terhadap megaproyek itu. Bahkan, pria bernama asliI Gede Ari Astina itu tak segan untuk ikut turun ke jalan memimpin orang-orang melakukan demonstrasi. Selain lewat aksi nyata, kepedulian Jerinx terhadap isu-isu sosial juga ia tuangkan melalui lirik-lirik lagu yang ia tulis.

3. Robi Navicula.

perjuangan musisi aktivis Instagram

foto: Instagram/@robinavicula

Gede Robi Supriyanto atau yang lebih dikenal dengan sapaan Robi Navicula merupakan personel band asal Bali, Navicula. Bersama personel Navicula lainnya, Robi gencar menyuarakan kampanye tentang lingkungan hidup.

Sebagian besar lirik lagu yang mereka ciptakan berisi tentang ajakan kepedulian terhadap lingkungan. Bahkan, Navicula mengizinkan lagunya digunakan sebagai alat kampanye lingkungan hidup dengan cuma-cuma. Selain itu, Robi juga kerap berkolaborasi dengan para aktivis dan musisi lainnya dalam menyuarakan sejumlah isu yang tengah menjadi sorotan.

4. Melanie Subono.

perjuangan musisi aktivis Instagram

foto: Instagram/@melaniesubono

Melanie Subono merupakan penyanyi dengan musik bergenre rock. Meski tak banyak mendapat banyak sambutan, ia telah merilis sejumlah album sejak tahun 2004 lalu.

Beberapa tahun belakangan, Melanie Subono lebih terlihat sebagai aktivis yang fokus pada isu-isu lingkungan. Ia kerap mengampanyekan gaya hidup ramah lingkungan karena menganggap lingkungan sekitar telah rusak. Tak hanya isu seputar lingkungan, Melanie juga kerap menunjukkan kepedulian terhadap isu-isu sosial dan keadilan.

5. Marzuki Mohamad.

perjuangan musisi aktivis Instagram

foto: Instagram/@killthedj

Penyanyi rap Marzuki Mohamad atau yang lebih populer dengan nama Kill The DJ dikenal lewat grup musik Jogja Hip Hop Foundation (JHF). Karya-karya lagunya terkenal selalu berisikan pesan sarat budaya Indonesia. Tak hanya itu, ia kerap menyisipkan pesan moral dan isu sosial dalam lirik lagu.

Selain lewat lirik lagu, Kill The DJ juga kerap melakukan aksi nyata untuk lingkungan sekitar. Sebagai anak seorang petani asal Klaten, Jawa Tengah, ia berupaya memajukan kehidupan petani agar lebih sejahtera.

6. Kartika Jahja.

perjuangan musisi aktivis Instagram

foto: Instagram/@kartikajahja

Nama Kartika Jahja mungkin tak begitu populer di dunia musik Tanah Air. Ia dikenal sebagai musisi asal Jakarta. Dibanding dikenal sebagai musisi, ia mungkin justru lebih dikenal sebagai sosok aktivis.

Sebagai aktivis, Kartika Jahja memiliki fokus terhadap isu-isu seputar gender dan kekerasan terhadap perempuan. Dengan menggabungkan kariernya di bidang musik, Kartika Jahja menggagas beragam kampanye untuk menyuarakan isu-isu tersebut. Atas dedikasinya itu, Kartika Jahja pernah masuk dalam daftar 100 Tokoh Wanita Inspirasional dan Berpengaruh di Dunia 2016 versi BBC.

7. Kaka Slank.

perjuangan musisi aktivis Instagram

foto: Instagram/@fishgod

Selain dikenal sebagai salah satu penyanyi rock terkenal Tanah Air, Kaka Slank juga dikenal memiliki kepedulian terhadap isu sosial. Kaka diketahui menaruh perhatian terhadap isu mengenai lingkungan, terlebih kelestarian satwa seperti ikan hiu yang sering menjadi buruan.

Dari keresahan itu, Kaka kerap berpartisipasi dalam kampanye penyelamatan satwa bersama lembaga-lembaga terkait. Bahkan, Kaka Slank memiliki sebuah tato bergambar hiu di tubuhnya sebagai pesan untuk menjaga hewan tersebut dari kepunahan.