Brilio.net - Mahershala Ali berhasil menyabet piala Oscar pertamanya untuk kategori Best Supporting Actor lewat peran dalam film Moonlight. Kemenangan Ali membuatnya menjadi aktor Muslim pertama yang memenangkan Piala Oscar sekaligus sebagai aktor berkulit hitam kelima yang menang dalam kategori Aktor Pendukung Oscar.

Kemenangan Ali mampu mengalahkan sejumlah nominator lain seperti Jeff Bridges (Hell or High Water), Lucas Hedges (Manchester By the Sea), Dev Patel (Lion), dan Michael Shannon (Nocturnal Animals).

Selama menyampaikan pidato, Mahershala Ali berterimakasih kepada orang-orang dalam hidupnya yang membantunya mencapai prestasi tersebut sambil menahan tangis haru.

"Saya ingin berterima kasih pada guru saya, dosen saya. Satu hal yang konsisten mereka katakan kepada saya adalah bahwa semua ini bukan tentang Anda. Ini bukan tentang Anda, ini tentang karakter, kamu adalah seorang hamba. Kamu adalah pelayanan dalam cerita-cerita dan karakter ini," ujarnya seperti dikutip brilio.net dari Huffingtonpost, Senin (27/2).

Lebih lanjut, Ali juga mengucapkan terima kasih kepada sutradara Moonlight, Barry Jenkins serta pemain film dan kru lainnya. Dia juga mendedikasikan Piala Oscar miliknya kepada sang istri, Amatus Sami-Karim dan putrinya yang baru lahir empat hari lalu.

"Saya ingin berterima kasih padanya karena telah menjadi penjaga selama proses ini, dan membawa saya melalui semua itu," kata pria yang bernama lahir Eric Gilmore sebelum memeluk Islam ini.

Pidato Ali disambut tepuk tangan meriah oleh para aktor dan aktris yang hadir dalam dalam Academy Awards 2017 (Oscars) di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu malam (26/2). Selamat untuk Mahershala Ali!