×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kisah Cakka Nuraga makin serius dalami ilmu agama tanpa stop bermusik

View Image

0

BRILIO » Selebritis

Kisah Cakka Nuraga makin serius dalami ilmu agama tanpa stop bermusik

Vokalis The Finest Tree ini mengaku lebih nyaman dengan dirinya yang sekarang.

25 / 01 / 2018

Brilio.net - Sosok Cakka Nuraga pasti tak asing lagi untuk sebagian orang. Namanya mulai dikenal publik sejak tergabung dalam ajang pencarian bakat Idola Cilik musim kedua beberapa tahun lalu. Namun meski tak menjuarai ajang itu, tak membuat cowok ganteng 20 tahun ini berhenti berkarya di dunia musik. Terbukti dengan terbentuknya The Finest Tree yang menggandeng sang kakak, Elang Nuraga, dirinya sukses menghasilkan karya-karya berkualitas yang masih dinikmati banyak orang hingga kini.

Namun di tengah masih menikmati prosesnya di panggung hiburan, Cakka juga mengaku sedang proses mendalami agama Islam. Ketika ditemui brilio.net pada Selasa (23/1), cowok yang pernah bersekolah di SMU Muhammadiyah 2 Yogyakarta ini bercerita tentang masa lalunya, terutama saat mengundurkan diri dari sekolah dan memilih untuk homeschooling. Cakka mengaku pernah mengalami fase anak remaja yang tak disiplin kala itu.

"Waktu masih SMA, aku pernah mengalami proses kenakalan remaja. Tapi kenakalan remaja alhamdulillah nggak masuk kategori kriminalitas, cuma masuk kategori siswa yang nggak disiplin. Waktu itu pihak sekolah menawarkan untuk mengundurkan diri atau dikeluarkan. Tapi memang waktu itu aku nakal banget sih. Akhirnya aku mengundurkan diri, terus aku memilih homeschooling atas izin Allah, tapi lulusnya dengan ujian paket C dan ijazahnya berbeda," kata Cakka.

Keputusannya untuk mengundurkan diri dari SMA 2 Muhammadiyah membuat Cakka memilih untuk homeschooling dan menyelesaikan studinya pada pertengahan tahun 2016 lalu. Namun pada tahun yang sama setelah Ramadhan, Cakka merasa mulai diberikan jalan untuk mencari tahu lebih dalam mengenai ilmu agama. Momen itu baru serius ia lakukan pada pertengahan tahun 2017 lalu.

Cakka Nuraga © 2018 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@cakkanrg

"Rasanya waktu itu nggak banyak mikir, kayak jalannya tiba-tiba gitu aja. Cuma ada di benakku, yang jelas untuk memperbaiki diri, bisa bermanfaat untuk orang lain. Insya Allah juga bisa membantu orang lain untuk kebaikan dan bermanfaat juga," ujarnya.

Cakka pun juga membeberkan beberapa sosok penting yang menurutnya sangat berjasa bisa membuatnya seperti ini. Dua di antaranya adalah Rully dan Salman Al Jugjawy (mantan gitaris Sheila On 7). "Selain mereka juga tentu saja ada kakakku sendiri dan kedua orangtua. Aku juga banyak belajar dari Duta dan Eross (Sheila On 7) yang juga sudah aku anggap sebagai orangtuaku sendiri."

Mendalami agama Islam untuk sekarang ini memang dirasakan Cakka terkadang berat. Sebab sempat ada beberapa orang di lingkungannya yang sempat menunjukkan perubahan sikap pada dirinya. Namun ia merasa bahwa perubahan tersebut malah seperti semakin mendukungnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

"Nggak kaget juga sih, tapi aku juga merasakan mereka ada perubahan pada aku. Tapi alhamdulillah semua perubahan mereka ke aku akhirnya baik, dan semuanya juga mengajarkan yang baik-baik," kata dia.

Cakka Nuraga © 2018 brilio.net

foto: dok pribadi brilio.net 2017

Ketika ditanya soal fenomena sebagian musisi Tanah Air hijrah mendalami Islam karena menganggap musik haram, Cakka menanggapinya dengan bijak. Menurut pandangannya, haram atau tidaknya sesuatu tidak selalu terpaut oleh benda yang digunakan. Selama tak keluar dari jalan yang sudah ditentukan Allah, hukum hanyalah terpaut dari amalan manusia atas perbuatannya, termasuk baik dan buruknya.

"Aku tidak membenci musik, tapi sekarang aku memang tidak lagi menjadikan musik yang dulunya aku anggap 'music is my life'. Sekarang aku cukup menyukai musik saja. Karena jika suatu saat Allah mencabut musik itu dari hidupku juga nggak masalah, yang penting bukan kehilangan Allah. Lebih baik kehilangan seseorang atau sesuatu karena Allah, dari pada kehilangan Allah karena sesuatu. Naudzubillahimindzalik," imbuh Cakka menutup obrolan.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    85%

  • Ngakak!

    7%

  • Wow!

    7%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more