Brilio.net - Industri musik menjadi salah satu industri yang memiliki potensi yang besar di era sekarang. Para musisi berbakat pun banyak bermunculan, baik sebagai penyanyi solo maupun dalam bentuk grup band.

Perkembangan industri musik juga dirasakan di Indonesia. Tak sedikit musisi Tanah Air yang bermunculan dan sukses mengembangkan kariernya di dunia hiburan. Dengan ketekunan dan kerja keras, tak sedikit dari musisi Indonesia yang berhasil melebarkan kariernya tak hanya di dalam negeri, melainkan juga dunia internasional.

Berbekal bakat yang tinggi, mereka berhasil menarik perhatian sejumlah label musik kenamaan di luar negeri, seperti halnya label musik di Amerika Serikat. Popularitas mereka pun semakin mencuat, tak hanya di kalangan penggemar Tanah Air, namun juga dunia internasional. Keberhasilan mereka tersebut tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Indonesia di mana karya musisi Tanah Air juga diapresiasi oleh dunia internasional.

Siapa saja? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (21/8), yuk simak kisah 6 musisi Indonesia yang dikontrak oleh label musik Amerika Serikat berikut ini.

1. Stephanie Poetri.

Loading...

musisi indonesia dikontak amerika © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@stephaniepoetri

Baru-baru ini, penyanyi pendatang baru Stephanie Poetri menjadi sorotan publik. Lagunya berjudul I Love You 3000 mendapat sambutan positif dari para penikmat musik.

Anak perempuan dari penyanyi Titi DJ itu langsung melebarkan sayap di kancah internasional. Setelah beberapa waktu dirumorkan bergabung dengan label musik Amerika Serikat bernama 88Rising, Stephanie akhirnya memberi konfirmasi. Dalam wawancara dengan The Lunch Table, Stephanie membahas tentang kontrak dan kepastian itu.

"Kamu tampil di festival yang digelar 88Rising, apakah kamu benar-benar sudah bergabung?" tanya Nico dalam Head in the Clouds Festival 2019 di Los Angeles, California. "I just did (Saya baru saja melakukannya)," kata Stephanie Poetri.

2. Rich Brian.

musisi indonesia dikontak amerika © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@brianimanuel

Rapper muda berbakat Tanah Air, Brian Imanuel atau yang populer dengan nama Rich Brian juga tak kalah membanggakan. Sama halnya dengan Stephanie Poetri, Rich Brian juga telah bernaung pada label 88rising.

Pada awalnya, bakat Rich Brian di bidang musik diketahui lewat aksinya di dunia maya. Dengan nama Rich Chigga, saat itu ia dikenal lewat lagu 'Dat $tick' yang ditilis pada tahun 2016. Saat ini, Rich Brian bermukin di Amerika Serikat untuk mengembangkan karier musiknya. Terbaru, Rich Brian baru saja merilis album berjudul The Sailor beberapa waktu yang lalu.

3. Niki Zefanya.

musisi indonesia dikontak amerika © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nikizefanya

Penyanyi Nicole Zefanya atau yang kini lebih dikenal dengan Niki Zefanya juga ada dalam daftar musisi muda Indonesia yang sukses di dunia internasional. Di usianya yang masih menginjak 20 tahun, Niki berhasil menembus industri musik dunia.

Nama Niki melambung setelah bergabung dengan label musik 88rising yang juga menaungi Rich Brian. Pada awalnya, label tersebut tertarik mengontrak Niki karena terkesima dengan bakat Niki yang diunggah lewat YouTube. Menariknya, nama Niki lebih dulu sukses di dunia internasional sebelum dirinya populer di Indonesia. Di bawah naungan 88rising, Niki telah merilis single berjudul "See u Never", dilanjutkan "Chilly", dan "I Like U" pada 2017. Niki juga merilis mini album internasional perdana bertajuk "Zephyr" pada 2018.

4. Agnez Mo.

musisi indonesia dikontak amerika © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@agnezmo

Dengan ketekunan, penyanyi Agnes Monica atau yang kini dikenal sebagai Agnez Mo juga berhasil melebarkan sayap di dunia internasional. Penyanyi berusia 32 tahun itu telah dikontrak oleh label rekaman Amerika Serikat, 300 Entertainment pada April 2018 lalu.

Selama di Amerika Serikat, Agnez Mo dimanajeri oleh Johnny Wright yang sempat menanjakkan karier Justin Timberlake dan Janet Jackson. Agnez Mo juga sempat bekerja sama dengan Timbaland dan T.I. di single berjudul "Coke Bottle". Baru-baru ini, Agnez Mo juga berduet dengan Chris Brown dalam lagu barunya, Overdose.

5. Speaker First.

musisi indonesia dikontak amerika © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@speaker_first_official

Tak hanya penyanyi solo, musisi Indonesia yang berformat band juga tak mau kalah untuk go international. Salah satunya, yakni Speaker First. Band asal Bandung ini telah resmi bergabung dengan perusahaan besar dunia di bawah label BMG.

Tepat pada 28 Mei lalu, Speaker Fitst resmi bernaung di bawah BMG International yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat. Sejak didirikan pada tahun 2002, Speaker First telah tampil di banyak panggung internasional, seperti Woodstock 2017 di Polandia, Liverpool Sound City Festival 2018 dan Musexpo 2018 di Los Angeles, Amerika.

6. White Shoes and The Couples Company.

musisi indonesia dikontak amerika © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@wsatcc

White Shoes and The Couples Company menjadi band Indonesia pertama yang dikontrak oleh label musik Amerika Serikat, tepatnya pada tahun 2007 oleh label musik Mintry Fresh yang berbasis di Chicago. Atas prestasi tersebut, mereka bahkan masuk dalam daftar Museum Rekor Indonesia (MURI). White Shoes and The Couples Company resmi berdiri di tahun 2002, terdiri dari Sari (vokal), Rio (gitar akustik), Saleh (gitar melodi), Ricki (bass), Mella (keyboard), dan John (drum).