Brilio.net - Bagi generasi 90-an, akhir pekan adalah waktunya bersantai sambil menikmati acara hiburan di televisi. Waktu itu, acara TV di Indonesia masih sangat menyenangkan dilihat. Juga banyak tayangan hiburan dari luar negeri seperti anime Jepang dan juga film laga dari Hongkong ataupun China.

Film Mandarin bertema kungfu memang sempat merajai televisi Indonesia. Sebut saja Shaolin Popeye, The Shaolin Temple yang diperankan oleh Jet Li dan masih banyak lagi. Ya, saat itu anak-anak 90-an memang sangat dimanjakan dengan film-film seperti itu.

Hampir 30 tahun berlalu, kini film-film kungfu buatan Hongkong, China maupun Taiwan itu sudah jarang ditayangkan. Tentu saja jika menyebut judul film atau nama-nama pemainnya bakal bikin nostalgia. Lalu, bagaimana kabar terbaru bintang-bintang kungfu era 90-an sekarang?

Berikut ini deretan faktanya, seperti brilio.net lansir dari merdeka.com pada Kamis (17/10).

1. Donnie Yen

kabar terbaru bintang kungfu © berbagai sumber

foto: scmp.com & Instagram/@donnieyenofficial

 

Donnie Yen mematahkan tangan Mike Tyson, aksi itu terjadi pada sebuah film Ip Man 3. Donnie yang kini berusia 55 tahun sudah main film sejak tahun 1983. Ada 76 film yang pernah ia bintangi. Nggak banyak berubah dari segi penampilan kecuali tubuhnya yang semakin kekar.

Sejak remaja, Donnie Yen memiliki potensi besar untuk menjadi seorang ahli bela diri. Pada umur 14 tahun dia mampu mengalahkan pelatih Dojo Taekwondo bersabuk hitam. Adapun beladiri yang dia kuasai seperti, tinju, gulat, Judo, muay thai, taekwondo dan aikido.

2. Shi Xiao Long

kabar terbaru bintang kungfu © berbagai sumber

foto: wuxiasociety.net & Instagram/@ashtonchen_peace

 

Dari imut-imut kini menjadi cowok tampan. Shi Xiao Long main di film Shaolin Popeye yang menjadi salah satu film laris di Indonesia pada tahun 1995. Soalnya perannya itu ada dua botak Boboho yang lucu banget. Ditambah dengan cerita yang mengundang tawa para penonton, film ini jadi yang paling ditunggu saat momen liburan.

Setelah membintangi semua film seri Boboho, Shi Xiao Long memutuskan untuk pindah ke Amerika untuk meneruskan pendidikannya. Kemudian dia pulang ke Taiwan dan mengubah namanya menjadi Ashton Chen. Aktor kelahiran 6 Januari 1988 ini pernah bermain film Ip Man 2. Penampilannya dalam film itu sangat berbeda. Hingga kini dia telah membintangi 24 judul film dan 17 serial televisi.

3. Sammo Hung

kabar terbaru bintang kungfu © berbagai sumber

foto: thefamouspeople.com & asiaone.com

 

Sammo Hung sering main film bareng Jackie Chan. Usia tidak muda lagi, pria yang kerap dipanggil 'Paman' ini menjadi tokoh penting yang membawa gelombang perubahan baru di Hongkong pada tahun 1980-an.

Membantu perkembangan seni bela diri, Sammo Hung cukup disegani oleh aktor laga lainnya seperti Bruce Lee, Jackie Chan, King Hu, Stephen Chow dan John Woo. Baru-baru ini Sammo Hung terlihat menggunakan kursi roda saat belanja di pasar dan didampingi oleh dua perawatnya.

4. Michelle Yeoh

kabar terbaru bintang kungfu © berbagai sumber

foto: gq.com & hawtcelebs.com

 

Artis ini nggak asing juga untuk para penonton Indonesia. Michelle Yeoh dikenal dengan film-film laga Hongkong. Kemudian namanya juga tenar sebagai artis Hollywood pada tahun 1997. Dia memerankan tokoh di film Tomorrow Never Dies. Yeoh juga pernah mengikuti kontes kecantikan Miss Malaysia mewakili Malaysia pada tahun 1983 di London.