Brilio.net - Sheila On 7 akan merilis single/lagu terbarunya dalam waktu dekat ini. Lagu ciptaan Eross Candra itu rencananya akan mengudara gerai musik digital pada 29 Januari 2018.

Seperti pada umumnya, selain menjual karyanya di gerai musik digital, setiap seniman musik yang akan merilis lagu sampai saat ini juga tak bisa lepas dari jasa radio. Sebab radio dikatakan masih menjadi media paling aman untuk melakukan promosi karya, terutama lagu.

Begitu juga yang dilakukan oleh Sheila On 7. Band kebanggaan kota Jogja ini kini sudah tak lagi di bawah naungan perusahaan rekaman, namun bergerak membuat label rekaman sendiri yang diberi nama 507 Records. Keadaan ini membuat mereka harus bekerja sendiri untuk mempromosikan karyanya.

Nah, ada cerita menarik soal teknis promosi lagu baru Sheila On 7 itu. Baru-baru ini seorang music director (MD) dari 87.7 FM Madama Radio, Makassar, bernama Andi Muhammad Ikhlas, mengunggah statusnya di Facebook. Dia mengaku baru saja dihubungi langsung oleh sang vokalis, yakni Akhdiyat Duta Modjo. Dalam percakapan telepon itu, Duta meminta izin Andi untuk mengirimkan single terbaru Sheila On 7 kepadanya.

Yang bikin salut, dalam percakapan itu Duta terkesan polos dan tidak sombong. Padahal Sheila On 7 bisa dibilang salah satu dari band hebat dan legendaris di Indonesia.

Berikut isi percakapannya:

"Jam 11 malam tadi, tiba-tiba handphone saya berdering:
Dia : malam, dengan mas iko?
Saya : dari mana ini malam malam kaya gini?
Dia : mas iko kan ya?
Saya : dari mana yah?
Dia : mas, ini duta, duta sheila on 7 hehe
Saya : mas duta? Ada apa nih mas?
Dia : hehe maap mas, gini, so7 kan udah kelar nih single baru, mau ta' kirimin ke mas iko, monggo loh direview dulu, cocok gak dengan kondisi sekarang, dan kalau cocok bisa ga dibantuin medianya hehe
Saya : oooh, iya, ya sok diemail ya mas ditunggu loh
Dia : eh tapi kalo ga enak lagunya ya ga papa yo mas, skip aja hehe
Saya : hahahaha siaap

Seorang superstar dengan image kelas atas dan rekam jejak jutaan copies penjualan rekaman fisik, sekarang pun dengan lugas menjajakan sendiri karyanya, tanpa batas ke teman media dia.

Ga ada label gede lagi yang mengurusi, karena sebenarnya, ada ataupun tidak, si artis (atau apapun kita menjulukinya) bertanggung jawab penuh atas keberlangsungan karyanya diterima oleh masyarakat luas lewat dukungan media, digital maupun konvensional.

Jangan bangga dengan pencapaian yang 'pernah' singgah, namanya juga pernah, bisa berulang bisq tidak, betul kan ya temans?

Demikian cerita saya pagi ini, silahkan dicermati, bukan menggurui bukan mengajari, hanya berbagi," tulis Andi di akun Facebooknya, seperti dikutip brilio.net, Kamis (25/1).

MD Makassar vs Duta © 2018 brilio.net

foto: Facebook/Andi Muhammad Ikhlas


Unggahan status Andi itu langsung banyak direspons positif oleh teman-teman Facebooknya. Mereka mengamini kalau Duta memang sosok musisi yang tak pernah berubah sejak dulu. Sopan, selalu low profile, dan menjaga hubungan baik dengan rekan-rekan kerjanya di radio meski kini sudah jadi rock star.

"Itulah yg membuat SO7 masih hidup sampe sekarang," tulis Cecep Firmansyah.

"Supperrrrr wajar mmg jadi superstar," tulis Fandy Wd Jbg.

"Percaya diri dan rendah hati,. Salut Duta, bang Iko juga amazing Makassar bangga punya kita!" tulis Gyant Hidayah.

Sekadar diketahui, tembang terbaru Sheila On 7 yang akan dirilis pada akhir Januari 2018 itu berjudul 'Film Favorit'. Selain itu, lagu 'Film Favorit' juga sudah bisa diperdengarkan di radio-radio seluruh Indonesia pada Jumat 26 Januari 2018.

Dalam karya ini, Eross-Duta-Adam-Brian menawarkan sesuatu yang berbeda. Sebab dalam penggarapannya Sheila On 7 pertama kali menggandeng dua sosok music director andal dari Jogja, Tomo Widayat (additional gitar Sheila On 7) dan Tama Wicitra untuk mengaransemen lagu baru mereka itu.

Sukses selalu Sheila On 7.. Dan jayalah selalu radio Indonesia!