Brilio.net - Ahmad Dhani divonis bersalah dan resmi dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun enam bulan. Jeratan hukum ini ia terima atas kasus ujaran kebencian. Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (28/1).

Meski dinyatakan bersalah, ayah dari Al, El dan Dul yang dikenal sebagai musisi top ini tentu mendapat banyak dukungan dari para rekan. Salah satu yang memberi semangat ialah seniman dan juga penyanyi era 90-an, Dik Doank. Pelantun lagu 'Pulang' ini bahkan menuliskan curhatan panjang tentang sosok sahabatnya tersebut.

Dilansir dari akun Facebook miliknya, Dik Doank menuliskan sebuah percakapan dengan Dhani yang terjadi sebelum ia dipenjara. Pada postingan itu Dik Doank menanyakan alasan Dhani yang pada saat itu ingin mencalonkan diri menjadi Wakil Walikota Bekasi setelah gagal dicalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

curhatan dik doank ahmad dhani © berbagai sumber-foto: Facebook/dik.doankii

Sebagai sesama musisi, Dik Doank saat itu mengungkapkan ketidak setujuannya atas keputusan Dhani. Ia merasa pentolan band legendaris Dewa 19 ini lebih baik fokus di dunia musik saja. Membuat karya yang mengunggah, menginspirasi dan menyadarkan adalah tempat yang pas bagi Dhani menurut Dik Doank.

Loading...

"Kalau kamu ikut PARTAI, kamu turun kelas...BIROKRASI diatur oleh sistem yang dibuat oleh manusia...mana ada Wali tunduk pada sistem selain ketentuan Alquran???", tulis pria yang juga seorang pembawa acara ini, seperti brilio.net kutip pada Kamis (31/1).

curhatan dik doank ahmad dhani © berbagai sumber-foto: kapanlagi.com

Sembari memosting foto kebersamaannya, Dik Doank menuliskan kalau Dhani disinyalir kehilangan arah setelah kehilangan gurunya yang sulit ditemui. Gurunya tersebut yang selama ini sebagai tempat Dhani berkeluh kesah dan meminta masukan-masukan atas masalah yang sering dihadapinya. Sebagai musisi, Dhani sudah mendapatkan segalanya. Seabrek pencapaian dan penghargaan telah diraihnya.

"Maka menjadi pemimpin yang punya kebijakan adalah pilihannya...sekali lagi...mungkin lho (menurutku)," ujarnya.

Menutup curhatannya tersebut, Dik Doank pun menyemangati teman seperguruannya ini untuk 'naik kelas'. Ia mengibaratkan bahwa penjara itu adalah goa yang menjadi tempat persembunyian para nabi. Di sana tentunya Dhani bisa merenungkan semuanya.

Postingan bijak Dik Doank tentang sosok Ahmad Dhani ini pun menjadi perhatian banyak orang. Banyak yang mengapresiasi dukungan yang diberikan pria yang sempat membintangi beberapa iklan televisi ini.

"Sangat bijak nih abang kelas gue," tulis akun Rahmanto Manto.

"Bener dik doank...maqom dhanny itu di musik..bukan di politik. Kami mencintaimu sebagai musisi...bukan politikus. Kmbli lah kejalanmu dewa 19," ujar akun Andrie Yuli Prabowo.

"setuju bgt ama dik doang niih guaaa," ungkap akun Dmaz Purwo.