Brilio.net - Aktor Donnie Yen kembali ramai dibicarakan usai dirinya bergabung dalam film "Star Wars: Rogue One”. Pria tampan yang jago berkelahi ini pun kembali memukau para penggemarnya di film IP Man.

Namun setinggi apapun karir Donnie Yen di dunia perfilman, ia harus berterimakasih pada seorang perempuan yang telah menjadikannya dikenal seluruh dunia seperti sekarang ini. Ia adalah Bow-sim Mark, ibu Donnie Yen yang juga sekaligus guru besar Tai Chinya.

ibu Donnie © 2017 ibu Donnie

Bow-sim Mark lahir di Guangzhou, China, dia berlatih berlatih dengan serius saat dirinya di sekolah menengah atas, dengan spesialisasi Tai Ci dan Shaolin. Rupanya kegigihan dan bakatnya tersebut menarik perhatian Fu Wing Way. Mark pun belajar pada Fu Wing Way yang juga guru besar ilmu bela diri di China.

ibu Donnie © 2017 ibu Donnie

Loading...

Pada 1984 Mark berhasil menjadi peraih medali emas pada ajang Tai Ci Internasional pertama di Wuhnan, China. Pada tahun 1995 dirinya dikenal dengan nama Black Belt, sebagai Kung-Fu artist of the year oleh sebuah majalah terkanal di China. Sebelum dirinya berimigrasi ke USA, Mark sebenarnya sudah dikenal hampir seluruh orang China kala itu. Bukan hanya karena keahliannya dalam bela diri, namun juga karena karya-karya tangannya yang bagus.

"Segala sesuatunya bagi perempuan selalu lebih susah. Jika seorang pria harus bekerja dengan tenaga 100% untuk bisa unggul dari yang lain, maka perempuan harus memiliki 150% tenaga untuk pencapaian yang sama. Tidak hanya di dalam bela diri, melainkan di semua hal yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh,” ujar Mark seperti dikutip brilio.net, Selasa (3/1) dari Next Shark.

ibu Donnie © 2017 ibu Donnie

Mark kemudian pindah ke USA dan membuka sebuah kelas bela diri. Dulu bela diri negeri bambu tersebut belum dikenal di negara barat. Selama lebih dari 10 tahun, Mark megajarkan beladiri tersebut lengkap dengan anaknya sendiri sebagai muridnya. Kini anaknya Donnie Yen sangat menawan aksinya tersebut berhasil di puncak karir berkat bimbingan, guru besar sekaligus ibunya sendiri.