Brilio.net - Sudah satu minggu Ahmad Dhani menghuni Lapas Cipinang setelah dijatuhi vonis 1 tahun 6 bulan penjara atas kasus ujaran kebencian pada Senin (28/1) lalu. Status tahanan tersebut membuat Ahmad Dhani harus absen dari konser Reuni Dewa 19 di Malaysia pada Sabtu (2/2) lalu.

Ketidakhadiran Ahmad Dhani dalam konser tersebut membuat posisinya sebagai kibordis diisi oleh Dul Jaelani. Konser berjalan dengan lancar sekaligus meriah, sebab ada suasana haru di Stadium Malawati Shah Alam, Kuala Lumpur saat lagu Cintakan Membawamu Kembali dan Hadapi Dengan Senyuman dibawakan.

Dul Jaelani yang mengiringi Ari Lasso menyanyi tak kuasa menahan rasa harunya. Sambil bermain piano, anak bungsu Ahmad Dhani ini meneteskan air mata sepanjang lagu. Tangisan Dul Jaelani pun turut membuat penonton dan warganet ikut terharu, termasuk Al Ghazali yang berada dalam barisan penonton.

Melalui akun Instagram pribadinya, Dul Jaelani pun mengungkapkan isi hatinya setelah konser usai. Dul menuliskan kalimat haru yang berisi rasa cinta dan ungkapan terima kasihnya untuk Maia Estianty dan Ahmad Dhani.

"Makasih Ayah, atas pengorbananmu demi karir musikku. Makasih Bunda, atas doa-doa malamnya. Tanpa kalian berdua aku takkan berdiri disini. Cinta Ayah Bunda," tulis Dul seperti dikutip brilio.net, Senin (4/2).

Namun sayang, video Dul Jaelani yang menangis saat konser tersebut justru mendapat komentar negatif dari sebagian netizen. Banyak netizen yang menganggap tangisan Dul tersebut berlebihan, namun tak sedikit pula yang menyangkut pautan dengan masa lalu Dul yang pernah terlibat kecelakaan.

Di tengah-tengah banyaknya komentar negatif, Dul Jaelani dan Al Ghazali mendapat banyak dukungan dari beberapa orang-orang terdekat, termasuk deretan seleb ini. Deretan seleb ini mengutarakan dukungannya untuk anak sulung dan anak bungsu pasangan Maia Estianty dan Ahmad Dhani.

Siapa saja mereka? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (4/2), berikut lima musisi yang berikan dukungan untuk Al Ghazali dan Dul Jaelani.


1. Melly Goeslaw.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Setiap yang bersalah pasti ada harga yang harus di bayar. Perkara kawan kita Dhani Ahmad bersalah atau tidak, itu bukan wilayah sy utk menilai. Karna sy pun sbg manusia masih memproduksi kesalahan dlm setiap helaan nafas sy . Ada banyak pihak yang lebih kompeten utk menilai hal tersebut. Tapi sbg sesama seniman dia salah satu composer yang hingga detik ini masih sy kagumi. Meski kami dalam bbrp hal sempat berseteru. Sbg manusia sy lebih senang menjunjung kalimat “ forgive and forget “. Mumpung sy masih hidup, sy cuma mau bilang, bahwa sesama seniman janganlah saling gaduh lagi. Kita diberikan berkah suara untuk bernyanyi, intuisi utk menangkap banyak hal yg lalu dituangkan dalam karya musik, film dan lain2. Ujian itu bisa datang pada siapa saja, atas pilihan dan izinNya. Angkatan kita udah tdk lagi muda. Stop saling cela dan bermusuhan. Kalaupun Dhani salah, dia sdh / sedang menjalankan akibatnya. Hanya manusia yg gak pernah berdosa setitikpun yg boleh mencela. Kebetulan baru kmrn sy umrah dengan kawan2 termasuk Maia, Al dan Dul. Jadi teriris hati sy liat video ini. Inget kedua anak ini bgt sayang dan hanya ingin melihat kedua org tuanya bahagia. Semoga kita semua dianugrahi keluarga yg tetap mensupport meski salah kita segudang. Peristiwa ini akan jd sejarah baik atau buruk ( tergantung sudut pandang masing2 ) dan pelajaran bagi kita semua. Al dan Dul yang sabar ya . Kawan kawan pls sudahi saling menyindir , mengejek dan salah menyalahkan . Pilpres cuma 5 thn sekali. Tp pertemanan Insya Allah selamanya . Tulisan sy ini tdk ada hubungannya dengan dukung mendukung no 1 atau 2. Sampai detik ini sy belum putuskan pilih siapa. Di ajak foto sama no 1 acung 1, sama no 2 acung 2. Buat sy foto gk menyatakan apapun. Allah memberikan sy pikiran utk dipakai mencerna dl sebelum memutuskan sesuatu yg penting. Sy punya hak suara, dan pasti sy akan pakai hak itu. Dan nanti akan ada saatnya sy umumkan pilihan sy. Yg penting skrg jgn gaduh, akur yuuuk akuur. Kalo ada kawan yg khilaf, japri aja , gk usah harus sejagad tau pd berantem. Itu lebih baik khaan. — “ music could bring the world together as one “ Al, El, Dul ....org tua mu dan kami bangga sama kalian , sabar yaaa

A post shared by Melly Goeslaw (@melly_goeslaw) on

Melalui akun Instagram pribadinya, Melly Goeslaw mengungkapkan dukungannya untuk Al dan Dul. Pelantun lagu Gantung ini mengunggah video saat Dul menangis di konser. Dalam caption-nya, Melly Goeslaw menuliskan untuk tak menghakimi Al dan Dul.

"Setiap yang bersalah pasti ada harga yang harus di bayar.
Perkara kawan kita Dhani Ahmad bersalah atau tidak, itu bukan wilayah sy utk menilai. Karna sy pun sbg manusia masih memproduksi kesalahan dlm setiap helaan nafas sy . Ada banyak pihak yang lebih kompeten utk menilai hal tersebut.
Tapi sbg sesama seniman dia salah satu composer yang hingga detik ini masih sy kagumi.
Meski kami dalam bbrp hal sempat berseteru.
Sbg manusia sy lebih senang menjunjung kalimat “ forgive and forget “.
Mumpung sy masih hidup, sy cuma mau bilang, bahwa sesama seniman janganlah saling gaduh lagi. Kita diberikan berkah suara untuk bernyanyi, intuisi utk menangkap banyak hal yg lalu dituangkan dalam karya musik, film dan lain2.
Ujian itu bisa datang pada siapa saja, atas pilihan dan izinNya.
Angkatan kita udah tdk lagi muda. Stop saling cela dan bermusuhan.
Kalaupun Dhani salah, dia sdh / sedang menjalankan akibatnya.
Hanya manusia yg gak pernah berdosa setitikpun yg boleh mencela.
Kebetulan baru kmrn sy umrah dengan kawan2 termasuk Maia, Al dan Dul.
Jadi teriris hati sy liat video ini. Inget kedua anak ini bgt sayang dan hanya ingin melihat kedua org tuanya bahagia.
Semoga kita semua dianugrahi keluarga yg tetap mensupport meski salah kita segudang.
Peristiwa ini akan jd sejarah baik atau buruk ( tergantung sudut pandang masing2 ) dan pelajaran bagi kita semua.
Al dan Dul yang sabar ya," tulis Melly Goeslaw.


2. Anji.

dukungan untuk Al dan Dul  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@duniamanji


Anji juga memberikan dukungannya untuk Al dan Dul. Dalam cuitannya di Twitter, pelantun lagu Dia ini ikut merespons nyinyiran netizen yang menganggap tangisan Al dan Dul lebay.

"Gak suka Ahmad Dhani gapapa.
Tapi bilang anaknya lebay ketika nangis di panggung Dewa19 di KL, rasa gasuka orang itu yang saya rasa lebay," tulis Anji.


3. Ari Lasso.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Be strong Bro ????? #hadapidengansenyuman Part 2. @duljaelani kamu keren ???? #kualalumpur #dewa19reunionmy #dewa19 #arilasso

A post shared by Ari Lasso (@ari_lasso) on

Aksi Dul Jaelani saat mengiringinya bernyanyi di atas panggung juga dibagikan Ari Lasso melalui akun Instagram pribadinya. Tak ada banyak kata yang ditulis mantan vokalis Dewa 19 ini selain kata-kata dukungan.

Ari Lasso juga memberikan pelukan hangat untuk Dul saat membawakan lagu Cintakan Membawamu Kembali. "Be strong Bro.
#hadapidengansenyuman Part 2.
@duljaelani kamu keren," tulis Ari Lasso.


4. Mulan Jameela.

dukungan untuk Al dan Dul  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mulanjameela1


Meskipun tak hadir di Malaysia saat konser reuni tersebut berlangsung, Mulan Jameela juga merasakan haru ketika melihat dua anak tirinya menangis. Melalui akun Instagram Stories-nya, Mulan Jameela mengunggah video Al Ghazali saat menangis. Mantan teman duet Maia Estianty ini menuliskan dukungannya untuk Al.

"Kamu kuat kaa @alghazali7...InsyaaAllah akan ada hadiah indah dari Allah," tulis Mulan. Sementara itu, Mulan juga menulis kalimat pujian untuk Dul.

"Anak HEBAT... anak yg kuat...Proud of U @duljaelani."


5. Umi Pipik.

dukungan untuk Al dan Dul  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mulanjameela1


Sahabat Mulan Jameela, Umi Pipik juga tak ketinggalan memberikan dukungan untuk Al dan Dul. Melalui Instagram Stories-nya, Umi Pipik menuliskan dukungannya untuk kedua anak Ahmad Dhani tersebut dan meminta mereka untuk tak putus doa.

"Jangan putus doa ya. Semangat ya @duljaelani @mulanjameela1," tulis Umi Pipik.