Brilio.net - Hampir tidak ada penggemar K-Drama yang nggak mengenal Hyun Bin. Aktor ternama Negeri Ginseng tersebut selama ini telah banyak membintangi berbagai drama laris. Penggemarnya tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Di tengah puncak popularitasnya, Hyun Bin memutuskan untuk mengikuti wajib militer (wamil) pada 2010, ketika serial drama yang dibintanginya, Secret Garden, meraih kesuksesan besar. Keputusan ini mengejutkan banyak orang karena popularitasnya bisa saja meredup sekembalinya dari wamil. Tapi, Hyun Bin yang bernama asli Kim Tae Pyeong memiliki pandangan berbeda.

"Tidak ada yang bisa kuperbuat jika aku dilupakan penggemar. Tapi aku ingin tahu seberapa besar aku dilupakan. Dengan begitu aku bisa mencari jalan untuk segera mendapatkan posisi yang dulu kutempati. Kalau tidak bisa menempati posisiku sebelum masuk wajib militer, aku berharap dapat menempati posisi baru. Aku merasa pelatihan dan pengalaman yang kudapat selama di militer akan menjadi fondasi yang kuat," katanya dikutip dari Buku Harian Hyun Bin Perjalanan sang Aktor sebagai Marinir karya Kim Hwan Kee, Selasa (6/6).

Hyun Bin membuktikannya dengan kesungguhan selama menjalani wamil. Bahkan, dia berhasil mendapatkan penghargaan karena prestasinya. Sikapnya selama menjalani wamil sungguh layak untuk diteladani. Di antaranya adalah beberapa pencapaiannya berikut ini;

1. Jadi penembak jitu.

hyun bin Istimewa

foto: istimewa

Setiap peserta wamil mengikuti pelatihan menembak. Mereka setiap hari selama satu minggu, berlatih menembak dari jam 5 pagi hingga 11 malam. Termasuk Hyun Bin. Dari pelatihan tersebut, Hyun Bin berhasil mendapatkan nilai tertinggi di angkatannya dan menyandang predikat penembak jitu. Ia berhasil menembak 19 dari 20 target pada siang hari dan keseluruhan target pada malam hari. "Aku berlatih dan berusaha semampuku."

2. Ditugaskan sebagai tentara tempur.

hyun bin Istimewa

foto: wordpress

Setelah melewati masa pelatihan dasar militer, Hyun Bin sempat ditugaskan sebagai tentara tempur dalam Brigade VI di Baengnyeong-do. Hyun Bin setiap hari harus menjalani latihan yang berat sebagai tentara. "Aku ingin mendengar orang berkata bahwa Marinir Kim Tae Pyeong adalah tentara yang baik."

3. Pergelangan kaki bengkak.

hyun bin Istimewa

foto: wordpress

Kondisi tubuhnya sempat memburuk karena latihan yang keras dan cuaca yang tidak bersahabat. Pergelangan kakinya bengkak sehingga ia harus terpincang-pincang saat berjalan. Namun, Hyun Bin menolak untuk istirahat. Ia bersikeras ikut semua materi latihan. "Karena itu tugasku," kata Hyun Bin soal alasan tidak beristirahat.

4. Peserta tertua.

hyun bin Istimewa

foto: wordpress

Hyun Bin mengikuti wajib militer saat usianya sudah 29 tahun, tertua di antara para peserta lain dalam angkatannya, angkatan 1137. Ia menjalani pelatihan militer di Pohang, bagian selatan Semenanjung Korea selama 21 bulan. "Aku akan menjumpai kalian semua dua tahun lagi dalam keadaan sehat," kata Hyun Bin saat perpisahan dengan fans sebelum masuk wamil.

5. Malah nggak suka saat liburan.

hyun bin Istimewa

foto: istimewa

Sebelum menjalankan tugas sebagai tentara tempur usai menyelesaikan pendidikan dasar militer, Hyun Bin mendapat jatah cuti lima hari. Baginya, cuti lima hari adalah waktu yang terlalu panjang. Hyun Bin ingin sekali segera bertugas di tempat baru sebagai marinir Korea. "Walaupun mengambil cuti, aku selalu merasa tidak nyaman berada di rumah. Aku ingin segera pergi ke Baengnyeong-do, tempat aku ditugaskan dan bertemu tentara senior. Aku ingin bersosialisasi baik dengan mereka," katanya.

6. Jadi duta pertahanan.

hyun bin Istimewa

foto: istimewa

Nama besar Hyun Bin sebagai artis tidak dipungkiri ikut mendongkrak perhatian publik terhadap militer Korea, terutama marinir. Setelah berdinas di Brigade IV, Hyun Bin ditugaskan sebagai duta diplomasi pertahanan nasional. Sebagai duta, Hyun Bin pernah mengunjungi Indonesia pada 5-7 Oktober 2011. Sekembalinya ke Korea, Hyun Bin bertugas di Divisi Humas Marinir di markas militer yang berlokasi di kepulauan Barat Laut.

7. Tentara teladan.

hyun bin Istimewa

foto: istimewa

Semangat, kesungguhan, dan kerja keras Hyun Bin selama menjalani pendidikan dasar militer dan penugasan membuat netizen menobatkannya sebagai tentara teladan yang masih aktif melaksanakan wajib militer. Ia pun mengikuti berbagai ajang yang melibatkan militer, seperti lomba maraton dalam rangka memperingati perolehan kembali Soul di Taman Han Gang. Ajang ini bertepatan dengan hari ulang tahun Hyun Bin.