Brilio.net - Panama Papers, tentu kamu tidak asing dong mendengar istilah yang sempat menghebohkan akhir-akhir ini. Istilah itu digunakan untuk menyebut kebocoran dokumen finansial yang dirilis organisasi wartawan global, Internasional Consortium of Investigative Journalists (JCIJ).

Hingga kini, penyelidikan nama-nama yang terdapat di Panama Papers masih terus berlanjut. Memang tidak ada salahnya jika nama seseorang masuk dalam deretan pemilik dokumen berharga tersebut, namun isu menghindari pajak hingga penyelewangan uang negara bisa saja menjerat mereka.

Tak hanya pengusaha, olahragawan dan politikus, ternyata kebocoran dokumen finansial yang berasal dari Mussack Fonseca, Panama, tersebut juga menyeret beberapa nama artis. Dihimpun brilio.net dari panamapapers.icij.org, Rabu (11/5), berikut ini 7 nama artis kondang yang terjerat dalam skandal Panama Papers:

1. Jackie Chan.

Aktor kenamaan Jackie Chan tidak lepas dari skandal Panama Papers. Sang aktor diketahui memiliki setidaknya enam perusahaan lepas pantai yang berbasis di British Virgin Island. Perusahaan lainnya yaitu Jumbo Jaz Investment, Jackie Chan Ltd dan Dragon Stream Ltd, dikutip nationalpost.com.

2. Emilio Estevez.

Lahir 12 Mei 1962, Emilio Estevez mengawali karier di dunia hiburan Amerika Serikat pada tahun 1982. Seperti ditulis theguardian.com, ayah dari dua orang anak ini juga terseret dalam skandal dokumen finansial Panama Papers.

3. Amitabh Bachchan.

Aktor, produser dan penyanyi Amitabh Bachchan juga masuk dalam deretan artis yang memiliki dokumen Panama Papers. Dilansir nationalpost.com, Amitabh Bachchan salah satu artis India yang kaya dan sangat berpengaruh. Dalam bocoran data ICIJ, sang aktor ternyata menjabat sebagai direktur Sea Bulk Shipping Company Limited.

4. Richard Osman.

Richard Osman salah satu presenter televisi yang melejit melalui acara Quiz Show Pointiess di chanel BBC One. Ditulis theguardian.com, presenter dengan bayaran termahal di Inggris ini terungkap memiliki saham pribadi diberbagai perusahaan minyak dunia yang nilainya sangat mengejutkan berkisar Rp. 500 miliar.

Mereka idolamu bukan? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


5. Emma Watson.

Artis, model dan aktivis cantik Emma Watson memang sedang ramai dikabarkan masuk dalam deretan artis dalam bocoran data Panama Papers. Seperti ditulis theguardian.com, pemeran Hermione dalam film Harry Potter ini ternyata memiliki perusahaan minyak yang menjadi sumber kekayaannya.

6. Aishwarya Rai Bachchan.

Selain Amitabh Bachchan, artis India berikutnya yang tersandung skandal Panama Papers adalah Aishwarya Rai Bachchan, istri dari Abhishek Bachchan. Dilansir theguardian.com, pemenang Miss World 1994 ini tercatat sebagai direktur dari Amic Partners Limited.

7. Nicky Wu.

Kalau kamu pecinta film laga, kamu pasti tahu artis ganteng Nicky Wu. Ditulis nationalpost.com, pria kelahiran 31 Oktober 1970 ini terungkap memiliki kekayaan dari Horizon Sky Technology Limited dan Sun Entertainment Culture Limited yang nilainya mencapai ratusan miliar rupiah.