Brilio.net - Zaman dulu diskriminasi akibat perbedaan warna kulit masih terjadi di beberapa negara. Orang kulit berwarna lebih banyak dinomorduakan dan hanya diberi kesempatan sedikit untuk beberapa aktivitas publik. Namun kini dengan semakin dihargainya Hak Asasi Manusia (HAM), semua orang berhak dihargai dan berkembang tanpa kecuali.

Buktinya perjuangan orang kulit hitam di dunia hiburan ternyata bisa menyaingi orang berkulit putih. Bahkan mereka bisa mencatatkan sejarah sebagai aktor dan aktris kulit hitam pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi di dunia hiburan. Penghargaan yang pernah diraih yaitu Piala Oscar, Penghargaan Emmy dan Globe Awards.

Dari zaman dulu hingga sekarang, berikut 6 seleb kulit hitam pertama yang berhasil meraih penghargaan bergengsi di dunia hiburan seperti yang brilio.net lansir dari berbagai sumber, Selasa (9/1).

1. Sterling K. Brown.

kulit hitam pertama berbagai sumber

Loading...

foto: forbes.com

Yang masih hangat dalam gelaran Globe Awards 2018, Sterling K. Brown berhasil menjadi aktor terbaik kategori drama televisi. Ia pun dinobatkan menjadi aktor kulit hitam pertama yang berhasil meraih penghargaan pada nominasi tersebut. Serial berjudul This Is Us merupakan serial populer yang mulai tayang sejak 2016 lalu. Dalam serial ini Sterling memerankan tokoh Randall Pearson dengan sangat baik.

2. Oprah Winfrey.

kulit hitam pertama berbagai sumber

foto: latimes.com

Oprah merupakan presenter dan juga aktris yang sangat terkenal. Atas dedikasi panjang di dunia hiburan, Oprah diganjar piala penghormatan prestisius Cecil B DeMille pada gelaran Globe Awards ke-75 ini. Wanita 63 tahun ini menjadi wanita kulit hitam pertama yang meraih piala penghargaan tersebut.

3. Lena Waithe.

kulit hitam pertama berbagai sumber

foto: nytimes.com

Penulis skrip yang juga komedian ini berhasil membuat sejarah dengan memenangkan Best Comedy Writing pada gelaran Emmy Awards 2017. Raihan ini mencatatkan dirinya sebagai wanita kulit hitam pertama yang mampu membawa pulang piala Emmy pada kategori tersebut.

4. Viola Davis.

kulit hitam pertama berbagai sumber

foto: pridemagazine.com

Viola Davis yang bermain di serial How to Get Away with Murder memenangkan nominasi Outstanding Lead Actress in a Drama Series. Davis mencetak sejarah menjadi aktris kulit hitam pertama yang memenangkan nominasi tersebut pada Primetime Emmy Award 2015.

5. Sidney Poitier.

kulit hitam pertama berbagai sumber

foto: usatoday.com

Pada tahun 1964 Sidney membawa pulang piala Oscar sebagai pemenang Aktor Terbaik Oscar untuk film The Defiant Ones. Peristiwa ini sempat heboh karena Sidney merupakan aktor kulit hitam pertama yang memenangkan Piala Oscar. Nama Sidney sudah diakui sebagai aktor papan atas ketika ia bermain pada film The Blackboar Jungle tahun 1955.

6. Hattie McDaniel.

kulit hitam pertama berbagai sumber

foto: hollywoodreporter.com

Hattie berhasil menyabet gelar Aktris Pendukung Terbaik Oscar pada tahun 1940. Hattie benar-benar menjadi aktris kulit hitam pertama yang berhasil membawa pulang piala penghargaan. Hattie berperan sebagai kepala pembantu Mammy dalam film Gone with the Wind.