×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Vokalis band Tanah Air ini stop bermusik karena ingin dalami agama

View Image

0

BRILIO » Selebritis

5 Vokalis band Tanah Air ini stop bermusik karena ingin dalami agama

Paling baru, Bjah eks The Fly dan Donnie vokalis Ada Band.

28 / 11 / 2017

Brilio.net - Fenomena musisi berhenti bermusik karena alasan mendalami ajaran agama sudah kerap terjadi di Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir. Mereka rela keluar dari grup band yang sudah membesarkan namanya dan mantap meninggalkan kemeriahan panggung musik yang sudah biasa mereka jalani sehari-hari.

Seperti Sakti contohnya. Mantan gitaris Sheila On 7 itu dulu keluar meninggalkan Eross dkk karena ingin serius belajar agama Islam. Tak lama setelah itu dirinya juga mengganti namanya menjadi Salman Al Jugjawy, yang sampai kini masih konsisten melakukan dakwah ke seluruh penjuru negeri.

Selain Salman, beberapa musisi muslim Indonesia lainnya juga banyak yang menyusul hijrah, keluar dari band dan mendalami agama Islam. Bahkan sebagian di antara mereka benar-benar stop bermusik lantaran menganggap musik haram, tak sesuai dengan ajaran Islam.

Baru-baru ini dunia musik Indonesia pun juga dikejutkan oleh keluarnya dua sosok vokalis yang dari grup bandnya. Adalah Donnie Sibarani, vokalis Ada Band dan Bjah eks vokalis The Fly. Donnie mengaku harus stop bermusik karena harus mendalami agama, konsentrasi untuk melakukan pelayanan agama di gereja, sedangkan Bjah mengaku sudah tobat dan kini mengikuti beberapa ustaz untuk mendalami agama Islam sekaligus berhenti total dari dunia hiburan, terutama musik.

Nah, selain Donnie dan Bjah, rupanya masih ada beberapa vokalis yang mundur dari grup bandnya lantaran untuk mendalami ajaran agama. Siapa saja mereka?

Loading...

Berikut deretan vokalis kenamaan Indonesia yang sudah stop bermusik karena fokus mendalami agama, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/11):

1. Andri Ashari.

Musisi Hijrah 2017 © 2017 brilio.net

foto: youtube

Andri Ashari atau kerap disapa Andri Lemes adalah vokalis Rumahsakit, band indie pop kenamaan Jakarta era 90-an. Andri diketahui hengkang dari bandnya itu dan berhenti main musik sejak akhir Desember 2013. Dia mantap berhijrah usai mengikuti kajian-kajian dan menemukan buku Islam yang mengatakan bahwa musik itu haram.

"Saya ketemu bukunya Ustaz Yazid yang Hukum Lagu, Musik dan Nasyid (berisi hukum musik itu haram), ya udah saya beli aja. Alhamdulillah halaman pertama isinya langsung dalil-dalil," kata Andri ketika mengikuti suatu kajian di Jakarta.

2. Donny Supriyadi.

Musisi Hijrah 2017 © 2017 brilio.net

foto: konterkultur.com

Donny Supriyadi atau yang kerap disapa Donny 'Them_f**k' juga memutuskan untuk hijrah dan meninggalkan band metal lawas 90an asal Bandung, Jeruji. Dia sudah enggan beraktivitas di band karena musik dianggapnya sudah mengabaikan rohaninya untuk Sang Pencipta.

"Waktu saya habis dengan latihan, mengurus bikin lagu, udah gitu bikin album, manggung, bikin tur, terus siklusnya seperti itu. Sementara sisi rohani saya terabaikan. Seperti halnya musik saya itu seperti kota metropolitan yang begitu megah, sementara sisi religi saya kosong seperti sepetak kamar kontrakan. Ini berarti ada yang salah," kata Donny yang kini mengisi aktivitasnya dengan berdagang.

3. Ucay.

Musisi Hijrah 2017 © 2017 brilio.net

foto: daarut tauhiid

Ucay juga diketahui hijrah dan stop bermusik. Mantan vokalis Rocket Rockers ini merasa galau bermusik sejak kerap bandnya itu diundang manggung di klab malam. Ucay semakin lama semakin resah melihat banyak orang mabuk-mabukan dan tak kenal ajaran agama.

"Saya merasa kegiatan saya ini (main musik) mulai bertabrakan dengan agama saya, yaitu Islam," kata pria bernama lengkap Noor Al-Kautsar ini.

4. Donnie Sibarani.

Donnie Sibarani © 2017 brilio.net

foto: instagram/@donniesibarani

Kabar paling baru ada dari Donnie Sibarani, vokalis Ada Band. Menurut akun Instagram @ada_indonesia, Donnie sudah mundur dari band sejak November 2017.

Pengumuman keluarnya Donnie disampaikan melalui unggahan video akun Instagram Ada Band. Donnie memutuskan hengkang karena ingin lebih serius mendalami agama yang dianutnya.

"Donnie Sibarani sudah tidak bergabung lagi dengan Ada Band," tulis akun @ada_indonesia.

Dalam video itu, tiga personel lainnya seperti Dika Satjadibrata (bass), Adhy Pratama (drum), dan Marshal S Rachman (gitar), mengaku berat melepaskan Donny. "Donny memiliki kesibukan yang dia pilih, lebih religius salah satunya dengan pelayanan," kata Dika pada video tersebut.

"Semoga Donny sukses dengan pilihannya. Kita pun tetap terus berkarya," imbuh Adhy.

"Dan kita menyampaikan bahwa Ada band tidak akan mati di sini dan tunggu Ada Band di formasi yang baru," tutup Marshal.

5. Bjah.

Bjah Hijrah © 2017 brilio.net

foto: kapanlagi

Selain Donnie, kabar paling baru vokalis Tanah Air stop bermusik karena mendalami agama adalah Bjah eks vokalis The Fly. Penampilan pria bernama lengkap Muhammad Hamzah itu kini sudah berubah total.

Bjah mengaku sudah hijrah dari musik dan kini mulai tekun mendalami agama Islam. Dia mengaku mendapatkan inspirasi dari seorang driver taksi online. "Oktober sih, tahun lalu (mulai hijrah)," ujarnya, seperti dilansir dari Kapanlagi.

Waktu itu, sopir taksi online tersebut sedang memutar video kajian Ustaz Hasan Basri. Setelah ikut menonton, Bjah menjadi sadar bahwa perjalanan hidupnya penuh dengan dosa.

"Di situ saya kayak ditampar. Ya, nggak akan nyampe lah doa gua," kenangnya.

Setelah berhijrah, Bjah sekarang tak pernah melupakan kewajibannya sebagai muslim. Salat dan puasa sunnah menjadi rutinitas. Tak lupa, Bjah juga selalu melakukan zikir saat ada kesempatan.

"Siapa lagi yang bisa nolong? Ya udah, akhirnya saya kerjain semua. Bukan hanya yang wajib saya kerjakan tapi semua sunah juga. Banyak sekali pelajaran," tegasnya.

Pasca hijrah, Bjah mengaku tetap dapat banyak tawaran untuk balik ke dunia hiburan. Namun pria berusia 42 tahun itu telah memantapkan hatinya untuk istikomah dan ingin fokus untuk membenahi hidupnya dengan meninggalkan dunia hiburan, terutama musik.

"Waduh. Justru hijrah itu cobaan. Tawaran tour, film, masya Allah. Banyak. Tapi nggak mau. Apapun. Nggak bisa. Nggak mau. Kemaren tour berapa kota tuh, belum lagi reunian. Kan banyak banget orang kepengen kita balikan sama The Fly," tutup Bjah.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    8%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    17%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more