Brilio.net - Joko Anwar adalah salah satu sutradara kenamaan Tanah Air yang namanya semakin tahun kian bersinar. Jika kita masih ingat pada 2005, Joko Anwar berhasil menulis naskah sekaligus menyutradarai film 'Janji Joni'. Film yang diperankan oleh Nicholas Saputra tersebut mendapatkan respons yang sangat baik dari penonton bioskop Tanah Air.

Kini, 2019 bisa dibilang sebagai tahunnya Joko Anwar. Sutradara kenamaan itu telah menyutradarai 2 film populer. Tak cuma itu saja, Joko Anwar juga menulis skenario dari yang film-nya ditangani oleh sutradara lain.

Empat film Joko Anwar tersebut dibilang sukses besar dari jumlah penonton-nya. Beberapa di antaranya bahkan sukses masuk festival bergengsi bertaraf Internasional.

Berikut ini beberapa pencapaian besar Joko Anwar di dunia perfilman Indonesia sepanjang 2019, dikutip brilio.net dari akun Instagramnya @jokoanwar, Selasa (10/12).

1. Karya film dari berbagai genre.

Loading...

prestasi gemilang joko anwar 2019 Instagramfoto: Instagram/@jokoanwar

Meskipun akhir-akhir ini Joko Anwar lebih kerap memproduksi film bergenre horor. Joko Anwar telah mengantongi beberapa karya dengan genre lain.

"Di 2019 film saya empat. Ada komedi, action, thriller, horor, dikutip dari akun Instagramnya, Selasa (10/12).

2. Memproduksi film berkualitas.

prestasi gemilang joko anwar 2019 Instagramfoto: Instagram/@jokoanwar

Joko Anwar selalu terkenal dengan karya yang berkualitas. Seperti yang diketahui, beberapa filmnya masuk ke dalam daftar putar di festival internasional. Jika September lalu Gundala tayang dalam Toronto International Film Festival (TIFF). Beberapa hari yang lalu film Perempuan Tanah Jahanam masuk ke dalam daftar putar Festival Film Sundance.

"Dua saya tulis untuk sutradara lain, dua saya tulis dan sutradarai sendiri. Satu masuk Toronto, satu masuk Sundance," lanjut Joko Anwar.

Joko Anwar menyutradarai Gundala dan Perempuan Tanah Jahanam. Sedangkan film Orang Kaya Baru dan Ratu Ilmu Hitam ia tulis untuk disutradarai orang lain. 

3. Menyumbang jutaan penonton.

prestasi gemilang joko anwar 2019 Instagramfoto: Instagram/@jokoanwar

Berkat kegigihannya membuat film yang berkualitas, Joko Anwar pun diapresiasi oleh penonton bioskop Tanah Air. Ia menyatakan bahwa telah mengantongi lebih dari 5,5 juta penonton.

"Makasih ya, teman-teman yang udah nonton. Tahun ini Kita nyumbang 5,5 juta lebih penonton, 12 persen dari seluruh penonton film Indonesia tahun ini. Semoga 2020 saya masih bisa berkontribusi untuk perfilman Indonesia. Amin," pungkas Joko Anwar.