Brilio.net - Semua pasti setuju kalau kematian memang tak bisa ditebak datangnya karena takdir dari Yang Maha Kuasa. Namun meski begitu, beberapa musisi dunia ini kematiannya menjadi tanya besar karena meninggal di usia yang sama.

Orang-orang pun menyebut mereka tergabung dalam '27 Club'. Istilah 27 Club atau Klub 27 ini merujuk kepada musisi-musisi terkenal yang meninggal di usia 27 tahun. Musisi itu sering kali meninggal karena efek dari penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol, ataupun tindak kekerasan seperti pembunuhan dan bunuh diri.

Walaupun banyak yang mempercayai hal ini hanyalah kebetulan belaka, namun tak sedikit orang-orang yang menyebutkan ini bagian dari konspirasi bahkan dihubung-hubungkan dengan hal gaib.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber,10 musisi terkenal yang dianggap bagian dari Klub 27, Rabu (19/10):


1. Jimi Hendrix.

misteri kematian musisi dunia di usia sama © 2016 berbagai sumber

Jimi Hendrix adalah gitaris, penyanyi, penulis lagu dan tokoh budaya Afro-Amerika pada eranya. Dia juga salah satu gitaris terbaik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock dan jadi role model gitaris di seluruh dunia.

Gitaris legendaris ini lahir pada 27 November 1942. Ia meninggal di London pada 18 September 1970 di hotel Samarkand, setelah semalaman bersama pacarnya, Monika Dannemann.

Diduga kematian Jimi akibat tercekik muntahannya sendiri. Tapi ada juga yang berspekulasi ia sesak napas akibat overdosis obat tidur sambil minum anggur.

Pada 2009, manajer band Animal, Tappy, menulis buku yang menyatakan kalau Jimi tewas dibunuh karena dia ingin memutus kontraknya. Jimi tercatat meninggal pada usia 27 tahun, 295 hari.


2. Jim Morisson.

misteri kematian musisi dunia di usia sama © 2016 berbagai sumber

Jim Morisson merupakan pendiri dan vokalis band The Doors serta penyanyi terbesar sepanjang masa. Di puncak popularitasnya, Jim mengalami ketergantungan pada alkohol, obat-obatan terlarang dan seks bebas.

Dan pada 3 Juli 1971, Jim ditemukan tewas dengan kondisi hidung berbusa dan berdarah oleh pacarnya, Pamella Courson, di bak mandi salah satu hotel di Paris. Ia meninggal di usia pada usia 27 tahun, 207 hari.


3. Kurt Cobain.

misteri kematian musisi dunia di usia sama © 2016 berbagai sumber

Siapa yang nggak kenal sosok yang satu ini? Namanya masih terkenang hingga sekarang karena karya-karyanya bersama bandnya Nirvana. Cobain diketahui kecanduan narkoba untuk melawan depresi berat yang dideritanya.

Pada 5 April 1994, para fans setia Nirvana gempar mendengar kabar meninggalnya Kurt Cobain. Ia ditemukan tergeletak dengan posisi sebuah senapan di dadanya. Kurt Cobain diduga bunuh diri. Saat itu ia berusia 27 tahun, 44 hari.


4. Amy Winehouse.

misteri kematian musisi dunia di usia sama © 2016 berbagai sumber

Amy merupakan penyanyi dan pencipta lagu soul, jazz dan R&B yang terkenal di Inggris. Semasa hidupnya ia mengantongi berbagai penghargaan. Sebut aja Mercury Prize, Novello Awards, BRIT Awards dan dia tercatat sebagai VH1’s 100 Perempuan Terhebat Dalam Musik.

Amy meninggal Pada 23 Juli 2011 karena keracunan alkohol setelah susah payah berjuang melawan ketergantungan minuman keras dan narkoba. Tercatat ia meninggal di usia 27 tahun, 312 hari.


5. Brian Jones.

misteri kematian musisi dunia di usia sama © 2016 berbagai sumber

Bernama lengkap Lewis Brian Hopkins Jones, ia adalah musisi multi instrumentalis asal Inggris yang menjadi salah satu pendiri band legendaris Rolling Stones, yang merangkap sebagai manajer juga. Kiprah Jones meroket dalam album awal Rolling Stones sebagai pemain ritem, slide gitar, harmonika dan backing vokal.

Pada 3 Juli 1969, Jones ditemukan tidak bernyawa di dasar kolam renang di rumahnya di Hartfield, East Sussex. Laporan menyatakan Jones meninggal karena kecelakaan saat renang. Saat itu usianya 27 tahun, 125 hari.


6. Janis Joplin.

misteri kematian musisi dunia di usia sama © 2016 berbagai sumber

Janis Joplin lahir di Porth Arthur, Texas, Amerika Serikat pada 19 Januari 1943. Ia merupakan vokalis band Big Brother and the Holding Company. Kebiasaan minum alkohol dan mengkonsumsi narkoba membuat hidupnya berantakan.

Janis ditemukan tewas pada usia 27 tahun, 258 hari sambil menggenggam uang akibat sakau overdosis heroin di samping tempat tidurnya di hotel Landmark Los Angeles pada 4 Oktober 1970.


7. Kristen Pfaff.

misteri kematian musisi dunia di usia sama © 2016 berbagai sumber

Kristen Pfaf merupakan bassis dari band Hole yang vokalisnya adalah mantan istri Kurt Cobain yaitu Courtney Love. Pada 16 Juni 1994 ia tewas karena overdosis heroin. Ia tercatat meninggal di usia 27 tahun, 21 hari.


8. Chris Bell.

misteri kematian musisi dunia di usia sama © 2016 berbagai sumber

Chris Bell adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan gitaris asal Amerika Serikat. Bell meninggal pada 27 Desember 1978 di usia 27 tahun, 349 hari karena kecelakaan lalu lintas.

Ia kehilangan kendali atas Triumph TR-7, mobil sportnya yang menghantam sebuah tiang lampu kayu di sisi jalan dan membunuhnya seketika.


9. Alan Wilson.

misteri kematian musisi dunia di usia sama © 2016 berbagai sumber

Alan Wilson adalah vokalis, gitaris, pemain harmonika, dan penulis sebagian besar lagu untuk band blues Amerika Serikat, Canned Heat. Bersama Canned Heat, Wilson tampil di dua konser besar pada era 1960-an, Monterey Pop Festival pada tahun 1967, dan Woodstockpada tahun 1969.

Wilson telah dilaporkan mencoba bunuh diri dua kali sebelum kematiannya. Wilson akhirnya meninggal di California akibat overdosis overdosis pada usia 27 tahun, 61 hari.


10. Mia Zapata.

misteri kematian musisi dunia di usia sama © 2016 berbagai sumber

Mia Zapata dan tiga temannya membentuk band rock punk bernama The Gits saat kuliah di Ohio Pada bulan September 1986. Album The Gits pertama yang berjudul Frenching the Bully dirilis pada tahun 1992 di bawah label indie.

Namun sayang, ia ditemukan terbunuh di jalan tidak jauh dari rumahnya di dekat Tavern Comet di Seattle pada pagi hari tanggal 7 Juli 1993. Saat itu usianya 27 tahun, 316 hari.