Brilio.net - Gangguan makan identik dengan cewek karena merekalah kaum yang teramat khawatir dengan penampilan. Maka tak heran, obsesi langsing bisa bablas menjadi gangguan makan, seperti bulimia atau anoreksia. Gangguan makan ternyata juga bisa menyerang laki-laki lho. Seperti sederet artis dunia yang didiagnosa dan jujur kepada publik bahwa dirinya menderita gangguan makan. Mau tahu siapa saja mereka?

Dikutip dari TODAYSLIFESTYLE, Minggu (26/6), berikut 10 artis pria dunia yang mengalami gangguan makan.

1. Eminem (43)

artis pria gangguan makan © 2016 brilio.net

foto: wetpaint.com

Loading...

Rapper kondang satu ini ternyata pernah mengalami gangguan makan. Dia makan sangat banyak kemudian untuk menghilangkan efeknya, Eminem juga olahraga berlebihan. Bobotnya pernah mencapai 230 pon atau 104 kilogram! Dia stres dan akhirnya berlatih di atas treadmill selama 17 jam sehari. "Saya jadi mirip hamster," ucapnya seperti dikutip dari wetpaint. Tapi akhirnya dia juga mencari pertolongan untuk membantunya sembuh dari gangguan makan tersebut.

2. Ashley Hamilton (41)

artis pria gangguan makan © 2016 brilio.netfoto: todayslifestyle.com

Aktor dalam Iron Man 3 sekaligus penyanyi Amerika ini mengaku ke sebuah majalah, dia menderita anoreksia sekaligus bulimia. Anoreksia sendiri adalah gangguan makan di mana orang bersangkutan membiarkan diri kelaparan karena merasa tubuhnya terlalu gemuk.

Dia juga pernah kecanduan alkohol dan drugs untuk mengontrol kecanduan makanan. Kini Hamilton sudah sembuh dari gangguan makannya tersebut.

3. Ron Saxen (50)

artis pria gangguan makan © 2016 brilio.netfoto: todayslifestyle.com

Model dan stand up comedian tampan pada era 1980-an ini punya hobi makan berlebihan (binge eating). Dia bisa mengkonsumsi permen dan keju hanya dalam waktu yang singkat. Dia melakukan ini untuk menekan stresnya. Hal ini membuat karir modelnya rusak, akibat berat badannya berlebihan. Tubuhnya yang semula gagah menjadi tambun akibat terlalu banyak makan. Menyadari dia mengalami gangguan makan berlebihan tadi, Saxen kemudian menjalani rehabilitasi.

Sebuah artikel dari abc News pada tahun 2007 menyatakan Saxen yang berusia sekitar 40 tahun kala itu sudah sembuh dari binge eating dan berhasil merampungkan buku pertamanya bertajuk 'The Good Eater'. Buku ini berkisah tentang perjuangan seorang pria yang berjuang melawan gangguan makan.

4. Daniel Johns (37)

artis pria gangguan makan © 2016 brilio.netfoto: todayslifestyle.com

Musisi kelahiran Australia ini juga menderita gangguan makan yang bikin bobot tubuhnya merosot drastis, kurang dari 110 pon atau 49 kilogram! Nyawanya hampir melayang gara-gara anoreksia. Tapi akhirnya, mantan suami penyanyi Natalie Imbruglia ini menjalani masa pemulihan.

5. Justin Hawkins (41)

artis pria gangguan makan © 2016 brilio.netfoto: todayslifestyle.com

-Musisi penuh tato asal Inggris ini mengalami gangguan makan bulimia. Dia merasa tubuhnya tidaklah ideal, sehingga berusaha meminum obat pencahar dan olahraga berlebihan. Tapi pada akhirnya, Hawkins menjalani rehabilitasi untuk penyembuhan.-6. Elton John (69)

artis pria gangguan makan © 2016 brilio.netfoto: wetpaint.com

-Pianis, komposer, dan penyanyi legend Inggris satu ini ternyata juga pernah mengalami bulimia selama 16 tahun. Pada tahun 1990, John mulai menjalani proses penyembuhan. Rahasianya ini dia ungkap saat ditanyai oleh Larry King dalam acara di CNN tahun 2002 tentang bulimia yang diderita Princess of Wales, Diana. John pun menjawab “Yes, I did. We were both bulimic.”. Baik John maupun Lady Diana sama-sama menderita bulimia.-7. Dennis Quaid (62)

artis pria gangguan makan © 2016 brilio.netfoto: todayslifestyle.com

-Aktor dalam film The Day After Tomorrow (2004) ini juga masuk daftar artis pria yang menderita gangguan makan. Selama menderita anoreksi, Quaid terobsesi dengan tubuh langsing. Tapi akhirnya dia berusaha kuat menjalani pengobatan untuk mengatasi gangguan makannya.-8. Billy Bob Thornton (60)

artis pria gangguan makan © 2016 brilio.net

foto: wetpaint.com

-Aktor kawakan Amerika satu ini ternyata pernah menderita anoreksia. Semula dia membantah menderita anoreksia kala sang kekasih, Laura Dern mengatakan hal tersebut. Dia harus kehilangan bobot dari 197 pon (89 kilogram) menjadi 138 pon (62 kilogram). Namun akhirnya, dia berjuang keras untuk sembuh dari anoreksia. -9. Russell Brand (41)

artis pria gangguan makan © 2016 brilio.netfoto: todayslifestyle.com

-Komedian Inggris yang juga mantan suami Katy Perry ini sejak remaja sudah menderita depresi, Gangguan Obsesif-Kompulsif, bipolar, dan bulimia. Bulimia adalah gangguan makan di mana orang tersebut makan berlebihan secara berulang (binge) kemudian dimuntahkan kembali. Dengan gangguan psikologis yang cukup kompleks itu, Brand juga pernah melakukan perbuatan yang membahayakan diri sendiri. Namun begitu, dia akhirnya menjalani rehabilitasi psikologis.-10. Caleb Followill (34)

artis pria gangguan makan © 2016 brilio.netfoto: todayslifestyle.com

-Pentolan band rock Amerika, Kings of Leon ini berjuang melawan anoreksia yang dideritanya sejak remaja. Hal ini terjadi karena Caleb merasa dirinya jelek dan kurang bagus dalam banyak hal. Selain mencoba menahan lapar, dia juga olahraga berlebihan seperti berlari, push up, dan olahraga berat lain, tak peduli cuaca panas sekalipun. Namun akhirnya, Caleb berusaha mengatasinya.