Setelah nyaris 7 dekade berlalu, Anang mengaku, selain tempat, menu yang kini ada dalam tendanya pun tidak lagi sama. "Kita menunya lebih banyak di sana (tempat awal berdiri),” kata dia. Penjelasan Anang mengingatkan brilio.net pada potret menu lama yang beredar di internet, seperti sarsaparila, es cokelat hingga limun. Namun, semua itu kini tak lagi dapat dijumpai di tenda itu. 

Es kacang hijau legendaris Jogja © 2023 brilio.net

foto: doc.aulia

Walaupun begitu, es kacang hijau khas Sido Semi tidak pernah kehilangan konsumen. Dia tetap menjadi jawaranya. Bahkan, saat brilio.net di sana  4 jam sebelum warung tutup, es kacang hijau legendaris Sido Semi sudah ludes. "Ya mba kalau es, pasti habis," ungkap Anang.

Di balik larisnya es kacang hijau ini, Anang mengaku, sama sekali tidak melakukan perubahan atau inovasi terhadap resep yang diwariskan padanya. Semua tetap sama, ia dan istri masih tetap menggunakan santan kelapa asli tanpa dimasak sebagai kuah.

Santan asli yang segar nan gurih pun menjadi cita rasa khas milik es kacang ijo 7 dekade ini.

Nama-nama besar seperti Butet Kartaredjasa, mendiang Djaduk Ferianto, Wiranto, hingga Rano Karno pernah mencicipi sajian ini. "Rano Karno kalau syuting kan mampir karena suka minjem kursi di rumah," kisah Anang.

Es kacang hijau legendaris Jogja © 2023 brilio.net

foto: doc.aulia

Selain nama-nama besar, warung Sido Semi memiliki pelanggan peranakan yang datang setelah dikenalkan oleh para kerabat. Menurut Anang, ia tidak pernah melakukan usaha promosi apapun. 

Kedatangan beberapa pelanggan yang murni mencari dan datang karena dulu mereka pernah mengenal Sido Semi dan ingin kembali bernostalgia.

Perjalanan bisnis yang telah berjalan nyaris lebih dari 70 tahun ini tentu tidak berjalan mulus. Anang sempat tidak ingin melanjutkan resep es legendaris keluarga dan memutuskan hanya untuk membuka angkringan.

Namun, tak disangka satu, dua pelanggan yang mengenal dirinya meminta agar es kacang ijo andalan Sido Semi kembali dihadirkan. Dengan itu, Anang memupuk kembali tekad unuk mengembalikan nama Sido Semi. Berawal dari "Warung Sido Semi Mbok Mul" menjadi "Warung Es & Bakso Putu Sido Semi"

Tempat yang tidak hanya menyediakan es kacang ijo ini pun menjadi destinasi kuliner unik Jogja. Warung ini buka pukul 10.00 hingga 17.00, kecuali Senin karena libur.

 

Reporter: mg/Aulia Shifa