Brilio.net - Norma kesopanan merupakan norma yang penting dimiliki setiap siswa di sekolah. Dengan menerapkan dan mengajarkan norma kesopanan di lingkungan sekolah dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. Pentingnya norma kesopanan di lingkungan sekolah ini dapat membantu siswa untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Adanya norma kesopanan di lingkungan sekolah mampu membentuk karakter siswa yang berpekerti luhur. Generasi yang mampu membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik sebagaimana dalam amanat Pancasila.

Di sekolah sendiri, siswa diarahkan untuk berperilaku terpuji pada guru atau sesama teman. Secara tidak langsung, perilaku baik yang mereka tunjukkan sehari-hari juga termasuk dalam kategori norma kesopanan. Selain itu, menunaikan kewajiban siswa terhapat aturan sekolah juga bisa jadi contoh norma kesopanan.

Nah, selain itu masih banyak yang bisa dijadikan contoh norma kesopanan di lingkungan sekolah yang bisa dipelajari siswa. Berikut tujuh contoh norma kesopanan di lingkungan sekolah yang bisa kamu terapkan, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (26/5).

1. Mematuhi semua aturan yang ada di sekolah.

Contoh norma kesopanan di lingkungan sekolah © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Mematuhi semua aturan yang ada di sekolah adalah salah satu contoh norma kesopanan yang sangat penting di lingkungan sekolah. Aturan yang telah dibuat bertujuan untuk memastikan pengalaman belajar bagi siswa secara aman dan efektif. Oleh karena itu, siswa perlu memahami dan mematuhi semua aturan yang tercantum dalam tata tertib sekolah.

Tindakan mematuhi semua aturan di sekolah harus dimulai dari diri siswa sendiri. Ini berarti siswa harus mengikuti peraturan yang meliputi tata tertib di kelas, jam masuk dan keluar sekolah, dan waktu kegiatan belajar mengajar. Aturan ini akan membantu siswa untuk terorganisir dan teratur dalam mengatur waktunya.

Dengan mematuhi semua peraturan dan tata tertib di sekolah, siswa akan berkontribusi pada menciptakan lingkungan yang kondusif dan ramah belajar. Suasana yang tenang serta tertib akan memberikan pengaruh positif pada siswa dalam proses belajar mengajar, tanpa menjadi bermasalah dengan pengawas sekolah atau guru.