Brilio.net - Pemilihan presiden di Amerika Serikat (AS) tidak sampai satu bulan lagi. Partai Republik dengan Donald J. Trump dan Demokrat dengan Hillary Clinton masih menjadi yang terkuat. Meskipun ada beberapa nama dari Jill Stein yang diusung Partai Hijau, Gary Johnson dari Partai Libertarian, dan Darrell Castle  dari Partai Konstitusi, namun yang menonjol hanya dua kandidat tersebut.

Donald Trump adalah sosok yang blak-blakan. Di berbagai kesempatan, dia membuat pernyataan yang kontroversi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya, seperti dirilis brilio.net dari newsday pada Kamis (13/10).


1. Menyebut para imigran Meksiko sebagai pembawa obat terlarang, kriminal, dan pemerkosa pada 16 Juni 2015 di Trump Tower Atrium Manhattan.

trump kontroversi  © 2016 brilio.net

foto:  Linda Rosier


"Mereka memebawa obat terlarang. Mereka membawa kriminalitas. Mereka adalah pemerkosa. Dan sebagian, saya berasumsi, adalah orang baik,"

2. Menyebut John McCain pahlawan perang hanya karena pernah ditangkap pihak berwajib. Ini berkaitan dengan alternatif hukuman bagi para kriminal di AS, pilihannya penjara atau bergabung di militer. Disampaikan pada The Family Leadership Summit di Ames, Iowa, 18 Juli 2015.

trump kontroversi  © 2016 brilio.net

foto: Getty Images / Scott Olson


"Dia bukanlah benar-benar pahlawan perang. Dia menjadi pahlawan perang hanya karena pernah ditangkap. Saya suka orang yang tidak pernah ditangkap,"

3. Memberi ancaman pada Wall Street Journal melalui twitter pada 31 Oktober 2015.

trump kontroversi  © 2016 brilio.net

foto: Twitter / Donald J. Trump)


"@WSJ Wall Street Journal suka menulis keburukan saya. Mereka harusnya berhati-hati atau saya akan membocorkan hal besar tentang mereka. Camkan itu!"

4. Menyebut ribuan muslim bersuka ria atas runtuhnya WTC. Ini dikatakan ketika di Birmingham, Alabama, pada 21 November 2015.

trump kontroversi  © 2016 brilio.net

foto:  Getty Images


"Saya lihat ketika WTC runtuh. Dan saya melihat di Jersey City, New Jersey, ada ribuan orang bersuka ria karena bangunan itu runtuh. Ribuan orang bersuka ria,"

5. Melarang muslim masuk AS. Disampaikan pada 7 Desember 2015 di USS Yorktown Mount Pleasant.

trump kontroversi  © 2016 brilio.net

foto: AP / Mic Smith


"Donald J. Trump menyerukan larangan total bagi muslim untuk masuk AS sampai perwakilan negara kita mengetahui apa yang tengah terjadi. Menurut Pew Research, dibandingkan yang lain, pembenci AS terbesar berasal dari warga muslim,"

6. Mengatakan bisa membunuh siapapun dan tetap tak kehilangan pemilih. Disampaikan pada 23 Januari 2016 di Sioux Center Iowa.

trump kontroversi  © 2016 brilio.net

foto:  AP / Evan Vucci


"Saya bisa berdiri di tengah-tengah Fifth Avenue  dan menembak orang dan saya tidak akan kehilangan pemilih,"

7. Menyebut Islam membenci AS pada sebuah wawancara CNN 9 Maret 2016.

trump kontroversi  © 2016 brilio.net

foto: AP / Gerry Broome


"Saya pikir Islam membenci kita. Ada kebencian luar biasa. Kita harus mengatasinya. Ada ketidakpercayaan para pembenci pada kita,"

8. Meremehkan Hillary Clinton pada program Today dari NBC 28 April 2016.

trump kontroversi  © 2016 brilio.net

foto: AP/Darron Cummings


"Dia memainkan kartu seolah aku belum pernah melihat sebelumnya. Semua yang saya lakukan jelas, Hillary bukan orang yang layak bahkan untuk menjadi seorang dewan kota,"