Brilio.net - Mantan presiden Kuba sekaligus pemimpin revolusi komunis Kuba, Fidel Castro, meninggal pada usia 90 tahun. kabar meninggalnya Fidel Castro diumumkan televisi negara Kuba pada Sabtu (26/11).

Fidel Castro dikenal sebagai pemimpin revolusioner Kuba. Ia telah memimpin Kuba sebagai negara satu partai selama hampir setengah abad hingga akhirnya tampuk kepemimpinan diserahkan kepada sang adik, Raul Castro, pada 2008 lalu karena sakit parah yang ia derita.

Nah, berikut 8 fakta tentang Fidel Castro yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (26/11).

1. Keluarga Fidel Castro.

fakta Fidel Castro © 2016 dok. istimewa

Loading...

foto: CNN.com

Fidel Castro lahir dari keluarga petani gula imigran pada 13 Agustus 1926 di dekat Misbach, Kuba. Ayahnya adalah buruh imigran dari daerah Galicia di Spanyol tapi akhirnya menjadi seorang tuan tanah yang makmur.

Dalam sebuah wawancara tahun 1992, Castro mengatakan, "Saya anak seorang tuan tanah tidak terdengar bagus, jadi sebut saja saya cucu dari petani Galicia yang dieksploitasi."

2. Dunia Politik.

fakta Fidel Castro © 2016 dok. istimewa

foto: indianexpress.com

Castro mulai aktif di dunia politik sejak kuliah di University of Havana, Kuba. Castro bergabung dengan Partai Rakyat Kuba tahun 1947. Ia kemudian merebut kekuasaan tahun 1959 dan mendirikan negara komunis penganut ideologi Marxisme.

Ia juga dikenal sebagai tokoh organisasi non blok yang tetap mempertahankan ideologi komunis walaupun banyak negara komunis runtuh.

3. Pemimpin terlama.

fakta Fidel Castro © 2016 dok. istimewa

foto: HenryMakow.com

The Indian Express menyebut jika Fidel Castro yang memimpin hampir setengah abad merupakan orang ketiga terlama di dunia yang menjadi pemimpin negara setelah Ratu Inggris Elizabeth dan Raja Bhumibol Adulyadej di Thailand.

4. Kisah asmaranya.

fakta Fidel Castro © 2016 dok. istimewa

foto: nydailynews.com

Dikutip dari USNews, Castro menikahi Mirta Diaz Balart, putri dari keluarga kaya terikat rezim Batista. Mereka memiliki seorang putra, Fidelito, yang lahir pada tahun 1949. Tujuh tahun kemudian Mirta mengajukan gugatan cerai ketika Castro masih dalam penjara.

Castro kemudian dekat dengan Natalia Revuelta yang disebut sebagai wanita tercantik di Kuba pada masanya. Sosialita Kuba itu yang menyumbang uang dan perhiasan untuk mendukung revolusi yang digaungkan Castro.

5. Memecahkan rekor pidato di dunia.

fakta Fidel Castro © 2016 dok. istimewa

foto: newafricanmagazine.com

Fidel Castro memecahkan rekor untuk pidato terpanjang yang pernah disampaikan di hadapan PBB. Saat itu ia berpidato 4 jam 29 menit pada 26 September 1960.

Setelah itu ia juga pernah berpidato panjang selama 7 jam 30 menit pada 24 Februari 1998 usai terpilih sebagai presiden lagi, tepatnya dalam Kongres Partai Komunis di Havana tahun 1986.

6. Hobi Fidel Castro.

fakta Fidel Castro © 2016 dok. istimewa

foto: Pinterest.com

Fidel Castro punya hobi spearfishing atau mencari ikan dengan tombak, memasak, dan membaca.

7. Ratusan kali coba dibunuh.

fakta Fidel Castro © 2016 dok. istimewa

foto: gazettereview.com

Fidel Castro menyebut jika ia selamat dari 634 kali percobaan pembunuhan, termasuk yang didalangi oleh Central Intelligence Agency (CIA) dan organisasi Amerika lainnya.

Ia pernah coba dibunuh dengan pil racun, cerutu racun, hingga memberi bedak yang membuat jenggot salah satu dari 100 orang berpengaruh sepanjang masa versi Majalah Time ini, rontok dan melemahkan popularitasnya.

8. Keturunan Fidel Castro.

fakta Fidel Castro © 2016 dok. istimewa

foto: montrealgazette.com

Fidel Castro mempunyai sembilan anak dari lima wanita. Putra pertamanya yaitu Fidel Castro Diaz-Balart atau Fidelito yang sangat mirip dengan ayahnya. Selanjutnya Alina Fernandez yang merupakan hasil perselingkuhan Fidel dengan sosialita Havana ketika ia bersembunyi pada 1950.

Lima anak Fidel Castro selanjutnya berasal dari istri Dalia Soto del Velle yang dinikahinya pada tahun 1960-an. Ia juga disebut mempunyai dua anak laki-laki dan perempuan dari dua perempuan lain sebelum berkuasa.