Brilio.net - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua sebentar lagi nih. Ini adalah momen yang tepat buat kamu memilih calon pemimpin ibukota.

Buat kamu yang sudah punya hak memilih, jangan sampai menjadi anggota golput (golongan putih) alias nggak milih ya. Suara kamu menentukan masa depan kotamu lho. Ya begitu sih kata para pejabat.

Jadi siapin diri kamu untuk memilih pasangan calon yang sesuai hati nurani. Nggak usah merasa terpaksa apalagi terimtimidasi. Namanya juga pilkada, pilihan ada ditanganmu lho.

Lihat visi dan misi calon pasangan yang menurut kamu realistis. Bukan cuma janji-janji muluk doang. Kan nggak enak di-PHP-in terus.

Biasanya saat kampanye rakyat selalu dijanjikan nanti bakal begini, bakal begitu. Tapi begitu sudah jadi ujung-ujungnya lupa sama semua janjinya. Jadi kamu harus pinter-pinter deh memilih calon pemimpin.

Nah buat kamu yang bakal nyoblos, sebaiknya memperhatikan video channel @seninpagi dari vidio.com di bawah ini. Jangan sampai 5 hal ini terjadi saat di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Nyoblos yuk!

1. Jangan emosi ya

Nyoblos Pilkada © 2017 brilio.net

Begitu membuka surat suara, harus sabar ya. Jangan pake emosi meski di dalam surat suara itu ada pasangan calon yang bukan pilihan kamu. Ya coblos aja yang sesuai hati nurani kamu, nggak usah marah-marah di TPS.

 

2. Jangan labil

Nyoblos Pilkada © 2017 brilio.net

Meski sebagai pemilih pemula, tapi kamu nggak boleh labil ya. Tentukan aja pasangan mana yang sesuai dengan keinginanmu. Jangan kayak ngerjain soal ujian, pakai cap cip cup, apalagi menghitung kancing. Ini Pilkada lho.

 

3. Pake logika bukan mistis

Nyoblos Pilkada © 2017 brilio.net

Memilih pasangan calon itu harus pakai logika. Jangan dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Berdasarkan mimpi lah, pakai hitungan primbon lah. Pilkada itu kan memilih calon pemimpin, bukan nyari wangsit.

 

4. Jangan sampai kehilangan paku

Nyoblos Pilkada © 2017 brilio.net

Kelihatannya sih sepele. Begitu masuk bilik TPS, selain surat suara periksa juga alat nyoblos yang tersedia. Jangan sampai kamu sudah siap nyoblos eh malah kehilangan paku. Wah bisa repot juga tuh. Mau nusuk pake apaan?

 

5. Jangan salah tempat

Nyoblos Pilkada © 2017 brilio.net

Ingat, nyoblos itu di TPS. Bukan di WC umum ya. Jadi kamu jangan sampai salah tempat buat nyalurin aspirasi kamu. Jadi siapin diri kamu untuk datang ke TPS. Kalau sudah nyoblos lega deh. Soal siapa yang menang itu bukan urussan kamu.

 

(brl/red)

 

 

(brl/red)