Sadarkah kamu akan kecanduanmu terhadap ponsel? Jawaban sebenarnya mungkin akan mengejutkanmu bila kamu melihat foto-foto berikut ini. 

"Removed" adalah sebuah proyek foto mengagumkan dari fotografer Amerika, Eric Pickergill yang menyoroti kecanduan ponsel dari orang-orang, yang hasilnya ternyata cukup 'mengerikan'. Pickergill menghilangkan objek ponsel dan perangkat digital lainnya dari foto dan hasilnya justru menyajikan foto yang benar-benar akan mengingatkanmu tentang betapa kecanduan ponsel selama ini telah menggerogoti masyarakat.
 
BACA JUGA: 15 Foto terbaik 2015 dalam Sony World Photography Awards

Seperti yang dilansir Brilio.net dari earthpor, Sabtu (19/12), Pickergill mengakui, dia pun juga kecanduan smartphone. Ia menghabiskan terlalu banyak waktu untuk perangkat mobile-nya juga. 

Pickergill meminta teman-temannya dan orang di sekitarnya untuk berkegiatan normal dengan ponsel mereka, yang kemudian ia potret adegan dan kegiatan tersebut. Kemudian foto-foto tersebut masuk dalam proses editing, dan Pickergill sengaja menghapus ponsel dari tangan-tangan orang-orang yang menjadi objek fotonya. Akibatnya, gambar yang dihasilkan dari proses editing tersebut menunjukkan betapa anehnya dan betapa menyedihkannya kecanduan orang-orang terhadap ponsel. Daripada kamu penasaran, berikut ini adalah foto-foto hasil jepretan Eric Pickergill: