Brilio.net - Smartphone merupakan gadget favorit banyak orang. Bahkan sudah seperti candu bagi banyak pemakainya. Bangun tidur, yang dicari duluan pasti smartphone. Bahkan saat bersama keluarga pun masing-masing asyik dengan smartphone-nya sendiri-sendiri.

Efek kecanduan smartphone tersebut memang buruk. Tapi bukan berarti smartphone nggak bisa memberi kemanfaatan. Semua itu kembali ke perilaku pemakainya.

Selain fungsi komunikasi dan hiburan, smartphone juga memberi peluang usaha. Kalau kamu jeli, sebenarnya banyak aktivitas menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan berbekal smartphone. Ya, minimal buat nambah uang jajan.

Lalu gimana cara memaksimalkan fungsi smartphone di genggaman buat nambah penghasilan? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/10), lima cara nambah uang jajan modal smartphone kesayangan.

1. Jadi dropshipper online shop.

nambah uang jajan modal smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Ingin berbisnis jual/beli tapi nggak punya produk sendiri? Jangan bingung. Kamu bisa memasarkan produk orang lain dengan menjadi reseller atau dropship. Berbekal smartphone dan akun media sosial, kamu sudah bisa menjadi pebisnis.

Menjadi dropshipper online shop bisa berpotensi dapetin profit besar. Kamu bisa memilih produk yang lagi ngetren dan pasarnya luas, seperti baju, sepatu, tas, kosmetik juga snack.

2. Jual foto.

nambah uang jajan modal smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kecanggihan teknologi kamera pada smartphone membuat pegiat fotografi makin meningkat. Tahu nggak, hasil jepretanmu itu sebenarnya bisa menghasilkan uang lho? Kamu bisa menjual hasil fotomu ke situs-situs kantor foto seperti Shutterstock, Bigstock, Fotolia, iStock dan lainnya. Jadi, mulai sekarang jangan asal jepret ya. Pastikan fotomu berkualitas. Siapa tahu laku terjual.

3. Jadi freelancer.

nambah uang jajan modal smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Daripada pakai smartphone buat main media sosial doang, mending kamu manfaatin buat jadi freelancer deh. Misalnya, buat kamu yang suka nulis bisa manfaatin bakatmu buat jadi penulis freelance.
Apalagi sekarang ini banyak kesempatan bagi penulis lepas. Salah satu yang menarik adalah ikutan nulis artikel di Together Whatever lewat Brilio Creator. Kamu bisa menulis tentang perkembangan terbaru di dunia teknologi, musik, dan tempat hangout yang lagi hits.

Selain tulisan bisa tayang di togetherwhatever.id, kamu juga bisa berkesempatan dapetin hadiah menarik seperti MacBook hingga ChromeCast. Caranya pun gampang banget. Kamu cukup menulis artikel di sini.

4. Manfaatin aplikasi berbasis micro tasking.

nambah uang jajan modal smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selain mengisi smartphone kesayanganmu dengan aplikasi chat, media sosial atau game, sudah saatnya kamu melirik aplikasi berbasis micro tasking. Aplikasi micro tasking adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menghasilkan keuntungan dimulai dari melakukan promosi atau posting ke media sosial hingga bermain financial atau saham. Hanya dengan melakukan tugas khusus yang diberikan di aplikasi itu, kamu bisa mendapatkan uang. Beberapa aplikasi berbasis micro-tasking adalah Snapcart, Cashtree, Cash for Apps dan masih banyak yang lainnya.

5. Jadi buzzer atau influencer.

nambah uang jajan modal smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Saat ini siapa sih yang nggak punya akun media sosial? Buat kamu yang aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter atau Facebook bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan lho. Salah satunya dengan menjadi buzzer. Buzzer adalah pengguna media sosial yang dibayar untuk mempromosikan produk tertentu lewat akunnya.

Dari kegiatan mempromosikan produk orang lain di akun media sosialmu ini kamu bisa menghasilkan uang puluhan juta hingga ratusan juta rupiah per bulan. Daripada buka medsos buat stalking doang, mending dimanfaatin buat nambah uang jajan kan?