Brilio.net - Mempunyai rumah pribadi merupakan salah satu cita-cita besar seseorang. Setelah punya penghasilan sendiri, biasanya seseorang akan memprioritaskan untuk masa depannya. Misalnya tabungan kendaraan, pernikahan, hingga miliki rumah pribadi.

Namun mempunyai rumah impian tentulah bukan hal mudah. Setidaknya seseorang harus pandai-pandai mengelola keuangannya. Seperti mengetahui mana yang menjadi prioritas dan yang bukan. Apalagi jika mempunyai penghasilan pas-pasan.

Nah, jika seorang karyawan dengan gaji Rp 5 juta per bulan, kira-kira bisa nggak ya, miliki rumah sendiri? Jawabannya tentu saja bisa. Tapi kira-kira apa aja sih caranya?

Berikut 5 tips agar punya rumah impian dengan gaji Rp 5 juta, seperti dirangkum brilio.net dari merdeka.com dan Liputan6, Rabu (9/10).

 

1. Menentukan tipe rumah sesuai kebutuhan.

rumah © 2019 brilio.net

foto: pixabay

 

Saat hendak membeli rumah, kamu harus mengetahui tipe rumah yang sesuai kebutuhan. Mendahulukan kebutuhan ini sangat penting, agar rumah yang dibeli memang benar-benar memadai secara kapasitas.

Model rumah yang tipenya klik denganmu dan anggota keluarga lainnya juga akan meningkatkan kenyamanan. Jadi, utamakan kebutuhan baru keinginan.

Mengenai luas rumah, sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan tinggal di rumah tersebut. Untuk jumlah lantainya, kamu bisa bebas memilih rumah satu lantai atau bertingkat.

Usahakan memilih rumah yang berada di lokasi strategis dengan akses transportasi yang mudah.

 

2. Menghitung pengeluaran bulanan.

rumah © 2019 brilio.net

foto: istimewa

 

Menghitung pengeluaran sangat perlu dilakukan untuk mengontrol pemakaian dana. Kamu juga perlu mengevaluasi pemakaian dana agar lebih efisien.

Bagaimanapun, kamu sedang menyisihkan uang untuk membeli rumah impian. Untuk menghitung uang bulanan dengan tepat, kamu harus mencatat semua pengeluaran sekecil apa pun.

Dengan cara tersebut, diketahui besaran saldo yang tersisa. Jika pengeluaran semakin banyak setiap bulannya, harus dievaluasi ulang bagaimana pembelanjaan setiap bulannya.

Lakukan minimalisasi pengeluaran lagi untuk beberapa barang yang kurang dibutuhkan dan lebih banyak memanfaatkan promo agar menekan pengeluaran.

 

3. Menyiapkan uang muka dengan tabungan khusus.

rumah © 2019 brilio.net

foto: pixabay

 

Uang muka sangat penting disiapkan untuk membeli rumah. Kamu bisa menyisihkan sebagian pendapatan untuk biaya uang muka atau DP ini. Persiapan dana ini akan memudahkanmu dalam membayar DP ketika membeli rumah nantinya.

Agar lebih mudah, siapkan rekening tabungan khusus untuk membeli rumah. Dengan cara ini, tabungan akan lebih aman, mudah dikontrol, dan yang terpenting membuatmu lebih konsisten dalam menabung.

 

4. Melakukan survei rumah impian.

rumah © 2019 brilio.net

foto: istimewa

 

Setelah menentukan tipe rumah yang sesuai kebutuhan dan dana sudah mulai disiapkan, kini saatnya kamu mulai melakukan survei.

Mengingat harga properti yang semakin mahal setiap tahunnya, tidak ada salahnya untuk mengetahui kisaran harganya sekarang sebagai persiapan. Dengan mengetahui harga rumah impianmu, kamu akan lebih giat menabung.

Lakukanlah survei rumah impian di developer tepercaya yang sudah banyak direkomendasikan. Perhatikan daftar harganya dan lokasi beberapa rumah di suatu lokasi sesuai pilihanmu.

Hal ini akan menjadi gambaran dalam mempersiapkan dana dan memikirkan lebih lanjut mengenai tipe serta lokasi rumah yang sesuai.

 

5. Mengajukan KPR.

rumah © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

 

KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) merupakan solusi terbaik untuk membeli rumah impian ketika dana belum mencukupi untuk pembelian tunai. Kamu bisa mengajukan KPR ke pihak terpercaya. Agar permohonannya disetujui, lengkapi semua persyaratan dan berikan data yang benar.

Jangan lupa untuk mengutamakan tipe rumah yang sesuai dengan kebutuhan agar aman dan nyaman ditempati. Pilih juga rumah yang harganya sesuai dengan kemampuan finansial. Tujuannya agar cicilan dapat terbayar sampai lunas, tanpa harus mengalami masalah kredit macet.

KPR merupakan solusi terbaik untuk mendapatkan rumah impian ketika belum mampu membelinya secara tunai. Akan tetapi, kamu harus tetap mengatur keuangan terlebih dahulu sebagai persiapan uang muka. Dana untuk membayar cicilan sampai lunas juga harus dipikirkan. Agar tepat, pilihlah penyedia KPR terpercaya dan rumah baru yang nyaman sesuai impian.