Brilio.net - Saat ini jam kerja semakin mengurangi waktu bersama keluarga khususnya dengan anak. Pada jam-jam seharusnya anak bermain, orang tua masih harus bekerja. Hal ini tentu membuat pengawasan terhadap anak kurang maksimal.

Untuk memastikan kebersamaan bersama anak, banyak orang tua mempunyai inisiatif mengajak anaknya ke kantor. Namun yang menjadi kehawatiran, akankah anak mengganggu pekerjaan orang tua? Nah berikut 6 cara aman membawa buah hati ke kantor yang dikutip brilio.net dari laman Parent pada Senin (7/8).

1. Siapakan buku mewarnai.

cara aman membawa anak ke kantor © 2017 brilio.net berbagai sumber-foto: National Geographic Indonesia

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Untuk membuat anak merasa rileks dan senang di kantor, para orang tua dapat mempersiapkan lembaran kertas dengan sketsa. Selanjutnya siapkan crayon untuk mewarnai, dan biarkan anak berkreasi.

2. Ajak belajar dengan memberi latihan.

cara aman membawa anak ke kantor © 2017 brilio.net berbagai sumber-foto: merdeka.com

Agar anak fokus pada hal lain selain pekerjaan orang tua, maka ajakan belajar menjadi solusi tepat. Berikan soal latihan angka atau bahasa kepada anak. Biar ia kerjakan sembari orang tua menyelesaikan pekerjaan pribadinya. Bermanfaat bukan?

3. Buatlah mereka seakan sedang magang kecil-kecilan.

cara aman membawa anak ke kantor © 2017 brilio.net berbagai sumber-foto: parenting.co.id

Beberapa anak kecil suka dan memiliki keinginan membantu pekerjaan. Agar anak tidak mengganggu di kantor, justru libatkan ia dalam pekerjaan seolah ia sedang magang. Sebagai contoh membawakan kertas atau memindah barang. Hal kecil tersebut membuat anak merasa dibutuhkan dan nyaman.

4. Buatkan benteng dibawah meja.

cara aman membawa anak ke kantor © 2017 brilio.net berbagai sumber-foto:meaningfullmama.com

Benteng persembunyian selalu menyenangkan untuk anak-anak. Jika para orang tua mempunyai beberapa kertas atau buku tak terpakai, berikan pada anak. Biarkan mereka bermain di dunia mereka. Dunia rahasia, sebuah benteng di balik meja.

5. Buatlah perhiasan dari klip kertas.

cara aman membawa anak ke kantor © 2017 brilio.net berbagai sumber-foto: wikipedia

Jika para orang tua mempunyai anak yang suka berkarya, maka bermain membuat karya menjadi solusi pengalihan perhatian. Sebagai contoh, siapkan klip kertas untuk dirangkai menjadi kalung. Aktivitas tersebut akan menyita fokus anak, dan anak akan senang telah menghasilkan karya dari tangan sendiri.

6. Keluarkan isi laci anda.

cara aman membawa anak ke kantor © 2017 brilio.net berbagai sumber-foto: Speechbaby.net

Terkadang di kantor beberapa orang akan menyimpan hal-hal sepele seperti gantungan kunci, kartu tak terpakai, dan segala pernak-pernik. Jika sudah menumpuk, jangan dibuang, simpan dulu. Siapa tau ketika anak main ke kantor, hal yang dianggap sepele bagi orang tua menjadi mainan untuk anak-anak.